The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dear Moms, Ini Tips Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak Tanpa Mencederai Mentalnya
Ilustrasi ibu dan anak (Freepik/tirachardz)
Health

Dear Moms, Ini Tips Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak Tanpa Mencederai Mentalnya

Demi masa depan cerah.

Kamis, 19 Mei 2022 05:00 WIB 19 Mei 2022, 05:00 WIB

INDOZONE.ID - Percaya diri menjadi salah satu sifat yang perlu dibagun sejak usia belia. Hal ini menjadi tugas bagi orang tua untuk mulai mengenalkan anak pada rasa percaya diri.

Namun orang tua tidak bisa berharap anak akan percaya diri (pede) jika tidak dicontohkan. 

“Orang tua harus menjadi role model sebab anak melihat orang tuanya. Kalau kita mau anak kita begini-begitu, maka kita yang dulu mencontohkannya,” kata Psikolog Yasinta Indrianti, M.Psi dalam acara Yupi's Got Talent Media Gathering yang diikuti Indozone secara virtual, Rabu (18/8/2022). 

Menurut Yasinta, orang tua harus mampu mengarahkan dan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Adapun caranya dengan menjadi role model sekaligus teman yang bijak bagi anak.

Baca juga: Jangan Khawatir Moms, Lakukan Hal Ini Agar Merasa Tenang saat Anak PTM

“Misal kita bilang ayo pede, tapi orang tuanya gak pede. Jadi kata-kata kita itu inkonsisten dihadapan anak. Maka jadilah role model.”

“Lalu kenali karakter anak, tidak semua anak bisa langsung pede, ada beberapa anak yang perlu kenyamanan dulu. Nah ini kadang orang tua sering silap, kita selalu membentuk anak sesuai maunya kita, tidak sesuai karakter mereka.”

 Yupi
Psikolog Yasinta Indrianti dalam acara Yupi's Got Talent Media Gathering (Youtube/Berita KBR)


“Maka jadi teman yang bijak, biarkan anak tumbuh dengan keinginan mereka bukan harapan kita,” jelasnya.

Selain itu, Yasinta juga berharap orang tua bisa mengenalkan anak pada minat dan bakatnya. Sebab mengelakananak pada kesukaannya bagaikan membagun jalan tol untuk kebahagiaan mereka di masa depan. 

“Bakat dan talenta itu ibaratnya kayak tujuan hidup. Nah orang kalau ditanya, pasti mau bahagia. Jadi anggap aja bahagia itu kayak Pelabuhan Merak, tujuan akhir.”

“Tujuan akhir itu bisa dicapai dengan banyak jalan. Tapi kau mau mudah pake jalan tol. Jadi mengenali bakat itu ibarat membagun jalan tol, jalan bebas hambatan menuju kebahagiaan,” bebernya.
 


Artikel Menarik Lainnya:


Abul Muamar
Anisa Rizwani
JOIN US
JOIN US