The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ketahui Suhu Tubuh Normal Pada Bayi dan Cara  Mengukurnya
Ilustrasi Anak Sakit (liniquelesoliviers)
Health

Ketahui Suhu Tubuh Normal Pada Bayi dan Cara Mengukurnya

Rabu, 15 Januari 2020 12:14 WIB 15 Januari 2020, 12:14 WIB

INDOZONE.ID - Jika dulu suhu normal pada manusia ialah 37 derajat celsius, namun saat ini sudah berubah yakni 36,6 derajat celsius. Ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 35 ribu orang Inggris.

Suhu tubuh pada manusia ditentukan dari berbagai faktor yakni laju metabolisme, aktivitas fisik, hingga infeksi dan penyakit. Hal ini terjadi pada orang dewasa.

Sedangkan pada bayi berbeda lagi. Seperti dilansir  dari Medical News Today, suhu tubuh pada bayi lebih tinggi daripada orang dewasa. Ini diukur dari suhu tubuh yang didapatkan dari ketiak dan telinga.

Bayi usia 0-2 tahun suhu normalnya ialah 36,5 hingga 37 derajat celsius. Sedangkan bayi yang baru lahir suhunya lebih tinggi yakni 39,5 derajat celsius.

Untuk mengetahui bayi demam atau tidak dapat dilakukan pengukuran suhu badan, jika suhu tubuhnya meningkat hingga lebih dari 38 derajat celsius bila diukur dari dubur, 37,5 derajat celsius dari mulut, atau diukur dari ketiak sebesar 37,2 derajat celsius.

Mengetahui suhu tubuh pada bayi normal atau tidak dapat diukur dari bagian mulut ketiak, telinga, dan dubur dengan menggunakan termometer dan diamkan selama 5 sampai 10 menit.

1. Pada mulut, normalnya dari 35,5 - 37.5 derajat celsius.

2. Pada ketiak, suhu normal bayi berkisar dari 34,7 - 37,3 derajat celsius.

3. Pada telinga, suhu normal sekitar 36,4 - 38 derajat celsius.

4. Pada dubur, suhu normalnya sekitar 36,6 - 38 derajat celsius.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US