Ini Langkah Kemenkes Cegah Virus Corona ke Indonesia
Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Anung Sugihantoro (Twitter/KemenkesRI)
Health

Ini Langkah Kemenkes Cegah Virus Corona ke Indonesia

Ada 3 langkah Kemenkes

Selasa, 21 Januari 2020 18:09 WIB 21 Januari 2020, 18:09 WIB

INDOZONE.ID - Setelah Kementerian kesehatan Tiongkok resmi mengkonfirmasi penularan virus misterius seperti Sars yang disebut virus Corona dari manusia ke manusia, pemerintah Indonesia segera mengambil langkah untuk mencegah penularan virus ini ke Indonesia.

Melalui akun Twitter, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang diwakili Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Anung Sugihantoro menyampaikan beberapa hal atas langkah yang telah diambil.

"Terkait dengan terjadinya Pneumonia Akut di Wuhan, Tiongkok. Pemerintah di Indonesia telah melakukan kewaspadaan dini dengan disediakannya 135 thermal scanner di KKP Indonesia," ungkap Anung dalam cuitan di Twitter, Selasa (21/1/2020).

Lebih lanjut ia menyebut sudah ada tiga langkah yang dilakukan Kemenkes RI dalam menghadapi munculnya penyebaran virus Corona. Kesiapan Indonesia dalam hal coronavirus (virus Corona) yakni : 

Pertama, Kemenkes RI telah menerbitkan Surat Edaran kepada seluruh Dinas Kesehatan Provinsi dan Kab/Kota, RS Rujukan, KKP dan BTKL untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam mengahdapi kemungkinan masuknya penyakit ini.

"Kedua, bandara di seluruh Indonesia terutama yang mempunyai penerbangan langsung dari Tiongkok, meningkatkan kewaspadaan diantaranya dengan mengaktifkan thermal scanner," sambungnya.

Ketiga, memberikan health alert card dan KIE pada penumpang.

“Kami juga sudah membagikan Health Alert Card kepada WNI atau WNA yang datang atau pergi ke negara terindikasi, untuk diminta dilaporkan atau memantau jika terjadi keluhan dan diharapkan disampaikan kepada otoritas kesehatan yang ada,” imbuh Dirjen Anung.

Berdasarkan hal di atas, Anung meminta masyarakat tetap waspada saat bepergian ke Tiongkok meskipun sudah mendapat vaksin PCV yang beredar di Indonesia. Ia juga meminta masyarakat memperhatikan pengumuman dari otoritas kesehatan Tiongkok, tidak mengunjungi pasar hewan, dan apabila terpaksa ke pasar hewan agar memakai alat pelindung.

Artkel Menarik Lainnya:

TAG
Vessy Dwi
Vessy Dwi

Vessy Dwi

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US