The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Video Pembersihan Kotoran Telinga Ini Menjijikkan, tapi Anehnya Satisfying
Video pengambilan kotoran telinga (Instagram/ear.rest_hk_ear.wax)
Health

Video Pembersihan Kotoran Telinga Ini Menjijikkan, tapi Anehnya Satisfying

Kamis, 17 September 2020 13:59 WIB 17 September 2020, 13:59 WIB

INDOZONE.ID - Cara paling umum yang digunakan oleh masyarakat untuk membersihkan telinga biasanya adalah memakai cotton bud. Padahal penggunaan cotton bud tidak dianjurkan oleh pakar kesehatan.

Cairan kuning (earwax) yang ada di telinga bisa saja malah makin terdorong ke dalam karena penggunaan cotton bud.

Untuk membersihkan telinga, kamu bisa menggunakan pelunak serumen yang dijual bebas di apotek, atau menyemprotkan cairan saline ke telinga.

Jika ingin kotoran telinga benar-benar dikeluarkan total dari telinga, kamu bisa mengunjungi dokter THT atau jasa pembersih telinga profesional.

Salah satu jasa pembersih telinga profesional adalah Ear Rest yang berbasis di Hong Kong. Jasa pembersih telinga ini tengah viral usai videonya diunggah oleh akun hiburan terkenal di Instagram, 9Gag.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by 9GAG: Go Fun The World (@9gag) on

Video itu memperlihatkan bagaimana seorang pasien dibersihkan telinga dari segala kotoran yang ada di dalamnya. Sekilas memang menjijikkan, tapi video ini berhasil memancing banyak orang untuk menonton sampai selesai.

Satu per satu kotoran telinga akan dikorek, hingga akhirnya telinga benar-benar bersih dan menunjukkan warna aslinya yaitu pink. Sementara itu, kotoran telinga bisa menumpuk dan memadat hingga berukuran 1cm lebih.

Berdasarkan keterangan akun ini, perawat bisa menghabiskan waktu satu jam untuk membersihkan telinga dengan hati-hati dan perlahan. Dan setelah telinga benar-benar bersih, pasien mengaku bisa mendengar dengan lebih baik.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ear Rest HK ???????? (@ear.rest_hk_ear.wax) on

Satisfying banget, kan videonya meski agak menjijikkan? Oh ya, kotoran telinga ini sebenarnya berfungsi mencegah infeksi, melembabkan saluran telinga dan melindungi gendang telinga.

Kotoran ini biasanya keluar sendiri berkat aktivitas rahang saat berbicara atau mengunyah makanan. Tapi, kalau kotoran sudah memadat dan dirasa mengganggu, kamu bisa mengunjungi dokter THT untuk membersihkan kotoran tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US