The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral Batok Kelapa Ampuh Jadi Obat Virus Corona, Benarkah?
Batok kelapa.(freepik)
Health

Viral Batok Kelapa Ampuh Jadi Obat Virus Corona, Benarkah?

Dibuat dari Situbondo, Jawa Timur.

Jumat, 03 Juli 2020 17:09 WIB 03 Juli 2020, 17:09 WIB

INDOZONE.ID - Batok atau tempurung kelapa yang bisanya dianggap sebagai limbah rumah tangga diklaim bisa menyembuhkan virus corona. Sebuah video viral memperlihatkan batok atau tempurung kelapa bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat virus corona.

Adalah Irsan Surya Imana, pemuda dari Situbondo, Jawa Timur yang mencetuskan ide tersebut. Dia membuat obat dengan cara menyuling batok kelapa tersebut. Kemudian, meminumkannya kepada pasien atau orang yang positif virus corona.

Pemuda tersebut mengklaim, setelah meminum batok kelapa itu, pasien virus corona jadi sembuh. Orang yang tadinya reaktif Covid-19 setelah dites pun hasilnya menjadi non-reaktif.

Irsan Surya Imana menyebutkan "sudah jajal ke pasien yang hasil rapid tes reaktif. Setelah meminum ini, ternyata hasilnya bisa non-reaktif."

Batok kelapa.(freepik)
Batok kelapa.(Unsplash.com)

Dari video yang diterima Indozone dan beredar di WhatsApp, Kamis (3/7/2020), cara pembuatannya disebut sangat udah. Batok kelapa yang kering, harus dipsahkan darui serabutnya.

Setelah bersih, batok kelapa harus dibakar. Dari asap cair tersebut warnanya agak kuning kecokelatan.

Proses kondensasi untuk mengubah gas menjadi cair dilakukan. Agar bisa dikonsumsi, diperlukan tiga kali tahapan agar warnanya bisa bening.

Saat ini, Indozone masih mencoba mengonfirmasi tenaga kesehatan mengenai kemapuhan obat virus corona dari batok kelapa.


Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Desika Pemita

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US