The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Benarkah Gula Kelapa Lebih Sehat dari Gula Biasa?
Gula kelapa (Instagram/@lucy__luc)
Health

Benarkah Gula Kelapa Lebih Sehat dari Gula Biasa?

Sabtu, 30 Mei 2020 18:43 WIB 30 Mei 2020, 18:43 WIB

INDOZONE.ID - Banyak yang berpendapat kalau gula kelapa lebih sehat karena indeks glikemiknya lebih rendah, juga tak mengandung fruktosa yang dapat menimbulkan berbagai dampak negatif bagi kesehatan.

Meski demikian, bahwa 80 persen kandungan gula kepala adalah sukrosa. Berbeda dengan gula pasir yang umumnya hanya 50 persen kandungan sukrosa dan 50 persen lainnya fruktosa.

Itu artinya, konsumsi gula kelapa terlalu banyak masih memiliki dampak  sindrom metabolik, obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

Tak hanya itu saja, gula kelapa yang dikenal mengandung indeks glikemik lebih rendah dibandingkan dengan gula biasa. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan meningkatkan kadar gula darah seseorang.

Gula kelapa yang dibuat secara alami, sehingga masih mengandung nutrisi, seperti zat besi, zinc, kalsium, dan potasium. Terdapat juga asam lemak rantai pendek seperti polifenol dan juga antioksidan.

Walaupun gula kelapa masih mengandung nutrisi, kandungan gulanya tetap lebih tinggi daripada manfaatnya untuk kesehatan. Itulah kenapa konsumsi gula kepala juga jangan terlalu banyak, karena bisa berbahaya.

Meski demikian gula kelapa memang lebih sehat jika dibanding dengan gula pasir biasa.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US