The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Covid-19
Ilustrasi mengalami gangguan mental. (Photo/Ilustrasi/Freepik)
Health

Ini Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Covid-19

Kamis, 14 Januari 2021 22:48 WIB 14 Januari 2021, 22:48 WIB

INDOZONE.ID - Pandemi Covid-19 tidak hanya mengancam kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental seseorang. Wabah yang semakin meluas ini juga telah menjangkit lebih dari 190 negara, termasuk Indonesia.

Sementara itu, gangguan kesehatan mental yang terjadi selama pandemi dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti ketakutan terhadap wabah, rasa terasing selama menjalani karantina, kesedihan dan kesepian karena jauh dari keluarga atau orang yang dikasihi, kecemasan akan kebutuhan hidup sehari-hari, ditambah lagi kebingungan akibat informasi yang simpang siur.

Dilansir dari Alodokter, Kamis (14/1/2021), berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi Covid-19: 

Baca juga: Wanita Ini Lupa Pernah Beli Rumah Rp1,5 Miliar, Alasan Karena Sibuk Bekerja

1. Mengonsumsi makanan bergizi

Konsumsilah makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Beragam nutrisi tersebut dapat Anda peroleh dari nasi dan cereal, buah-buahan, sayuran, makanan laut, daging, kacang-kacangan, serta susu.

2. Melakukan aktivitas fisik

Berbagai olahraga ringan, seperti lari kecil atau lompat di tempat, dapat Anda lakukan selama menjalani karantina di rumah. Dengan melakukan aktivitas fisik, tubuh Anda akan memproduksi hormon endorfin yang dapat meredakan stres, mengurangi rasa khawatir, dan memperbaiki mood Anda.

3. Menghentikan kebiasaan buruk

Bila Anda seorang perokok, cobalah hentikan kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang. Merokok akan meningkatkan risiko Anda terinfeksi kuman penyakit, termasuk virus Corona. Selain itu, batasi juga konsumsi minuman beralkohol.

4. Menjaga komunikasi dengan keluarga dan sahabat

Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, sahabat, teman, dan rekan kerja Anda, baik melalui pesan singkat, telepon, atau video call. Anda bisa menceritakan kekhawatiran dan kecemasan yang Anda rasakan. Dengan cara ini, tekanan yang Anda rasakan dapat berkurang sehingga Anda bisa lebih tenang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US