The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kandungan Nutrisi Ketan dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil
Ilustrasi Ketan yang baik untuk ibu hamil (Photo/Olustarsi/klikdokter)
Health

Kandungan Nutrisi Ketan dan Manfaatnya untuk Ibu Hamil

Senin, 04 Januari 2021 14:31 WIB 04 Januari 2021, 14:31 WIB

INDOZONE.ID - Banyak mitos yang beredar mengenai makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, salah satunya ketan.

Makanan ini berbeda dengan nasi biasa, karena kandungan sari pati ketan lebih sedikit dibanding beras sehingga membuatnya lebih lengket.

Baca Juga : Sering Dianggap Pemicu Gemuk, Ini Manfaat Makan Sebelum Tidur

Buat ibu hamil, jangan ragu untuk mengonsumsi ketan selama kehamilan, karena ada beragam nutrisi penting dan manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Sumber Karbohidrat dan Kalori

Ketan memiliki karbohidrat yang lebih tinggi dibanding beras biasa atau beras merah. Terdapat kandungan karbohidrat sebesar 37 gram, kalori sebesar 169, dan protein 4 gram.

Karbohidrat sendiri dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Jadi, kandungan ini sangat baik bila dikonsumsi ibu hamil.

2. Vitamin B5

Ketan juga memiliki kandungan vitamin B5 yang penting dikonsumsi saat hamil. Pasalnya, vitamin B5 dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

“Vitamin B5 dikaitkan dengan manfaat untuk mencegah atau mengurangi gejala morning sickness, insomnia, kelelahan, hingga depresi,” ungkap dr. Theresia.

3. Selenium

Di dalam ketan, terdapat pula selenium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh dan kelenjar tiroid pada ibu hamil.

Dokter Theresia menyampaikan, kandungan selenium pada ketan bermanfaat sebagai antioksidan dan mencegah tekanan darah tinggi saat hamil.

4.  Mangan

Kandungan ini membantu tubuh ibu hamil tetap sehat. Karena, mangan membantu metabolisme tubuh, serta mengolah karbohidrat dan protein yang masuk ke tubuh agar menjadi asupan energi.

5. Serat yang Baik

Sama halnya dengan nasi, ketan memiliki serat baik. Meski lebih lengket dibanding nasi biasa, ternyata ketan memiliki serat yang lebih banyak dibanding nasi. Kandungan penting ini dapat melancarkan BAB ibu hamil.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US