The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Menderita Hipotiroidisme, Berikut Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari
Ilustrasi hipotiroidisme (Pixabay/Anastasia Gepp)
Health

Menderita Hipotiroidisme, Berikut Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari

Selasa, 22 September 2020 11:45 WIB 22 September 2020, 11:45 WIB

INDOZONE.ID - Hipotiroidisme adalah kondisi kesehatan hormonal yang umum di mana tubuh tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Hormon-hormon ini bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel, perbaikan, dan berfungsinya metabolisme.

Seiring waktu, penyakit ini dapat menyebabkan kelelahan, rambut rontok, penambahan berat badan, dan orang tersebut mungkin merasa sangat kelelahan.

Dilansir dari Times of India, Dr Vinoda Kumary, Wakil Kepala Petugas Medis, Jindal Naturecure Institute, Bangalore mengatakan bahwa terdapat beberapa makanan yang harus dikonsumsi penderita hipotiroidisme dan makanan yang harus mereka hindari.

"Sayuran berdaun hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian dan makanan yang kaya seng seperti lentil, buncis, kacang-kacangan baik untuk orang yang menderita kondisi kesehatan hipotiroidisme," ungkap Dr Kumary.

Sementara itu makanan yang kaya selenium dan yodium juga memainkan peran utama dalam menangani gejala hipotiroidisme.

Seng membantu mengatur tiroid, yang memberi sinyal pada kelenjar tiroid untuk melepaskan hormon. Jadi, memasukkan makanan kaya seng ke dalam makanan dapat membantu menutupi gejala ketidakseimbangan tiroid.

“Blueberry, minyak zaitun, kacang-kacangan, teh hijau, cengkeh, dan apel baik untuk kesehatan tiroid,” katanya.

Menurut dokter, orang yang menderita hipotiroidisme harus menghindari goitrogen secara khusus. Goitrogen adalah senyawa yang mengganggu fungsi normal kelenjar tiroid.

Banyak makanan yang mengandung goitrogen seperti produk kedelai, sayuran seperti brokoli, dan kembang kol. Bahkan buah-buahan seperti persik dan plum juga mengandung senyawa ini.

Menurutnya makanan yang diproses dan digoreng mengandung lemak tak jenuh, yang juga dapat memperburuk gejala hipotiroidisme. Selain itu, mengonsumsi serat makanan segera setelah minum obat tiroid mungkin bukan ide yang baik.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US