The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Awas! Kesemutan pada Jari Kaki Bisa Menjadi Tanda Diabetes Tipe 2
Ilustrasi Kaki Kesemutan. (Photo/Ilustrasi/Freepik)
Health

Awas! Kesemutan pada Jari Kaki Bisa Menjadi Tanda Diabetes Tipe 2

Minggu, 31 Januari 2021 15:26 WIB 31 Januari 2021, 15:26 WIB

INDOZONE.ID - Diabetes tipe 2 bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, seperti jantung, kehilangan penglihatan, dan stroke.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menjelaskan diabetes tipe 2 bisa memengaruhi tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi.

Biasanya, pankreas akan melepaskan hormon insulin ketika kadar gula darah meningkat. Insulin berfungsi sebagai kunci yang memungkinkan gula darah masuk ke sel tubuh yang digunakan sebagai energi.

Jika kamu menderita diabetes tipe 2, tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau sel-sel tubuh tidak bereaksi terhadap insulin.

Baca Juga: Buah Jeruk dan Tomat Membantu Kontrol Gula Darah Penderita Diabetes Tipe 2!

Penyebab resistensi insulin terjadi memang tidak jelas, tetapi beberapa faktor bisa meningkatkan risikonya, seperti riwayat diabetes pada keluarga, kelebihan berat badan, dan jarang aktif secara fisik.

Karena gula darah yang meningkat seiring waktu, maka gejala diabetes akan terlihat. Misalnya, seseorang mengalami kesemutan pada jari kaki atau ujung jari hingga mati rasa.

Dilansir dari Express, ada pula 3 gejala diabetes yang cenderung muncul bersamaan, misalnya buang air kecil, rasa haus dan sangat lapar. Siklus berbahaya ini berjalan sebagai berikut:

  •     Kelelahan, karena sel tidak mendapatkan energi dari makanan yang dikonsumsi
  •     Kelaparan, karena tubuh membutuhkan bahan bakar meskipun kamu sudah makan cukup banyak
  •     Kehausan, karena gula darah terus meningkat meskipun kamu sudah minum air cukup banyak
  •     Sering ke toilet, untuk mengeluarkan gula ekstra melalui urine

Siklus ini berputar-putar sampai beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa dirinya menderita diabetes. Sedangkan, gejala umum diabetes tipe 2 meliputi berat badan turun drastis, kelelahan, pandangan kabur hingga luka yang sulit sembuh.

TAG
Ferry Andika
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US