The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dokter Sebut Masker Kain yang Sering Dicuci Kurangi  Daya Filtrasi, Ini Alasannya
Ilustrasi masker kain. (Foto/REUTERS)
Health

Dokter Sebut Masker Kain yang Sering Dicuci Kurangi Daya Filtrasi, Ini Alasannya

Senin, 18 Oktober 2021 14:38 WIB 18 Oktober 2021, 14:38 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu yang wajib dipakai saat ingin keluar rumah di masa pandemi ini adalah masker. Penggunaan masker masih menjadi salah satu yang dianjurkan sebagai wujud menaati protokol kesehatan.

Jenis masker yang bisa digunakan juga beraneka ragam, dari mulai masker medis hingga masker kain. Namun bagi kamu yang lebih sering menggunakan masker kain, dokter mengatakan bahwa penggunaannya menjadi kurang efektif saat masker itu sering dicuci.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), FISR, FAPSR, mengatakan bahwa efektivitas proteksi masker kain bisa berkurang lantaran terlalu sering dicuci. Hal itu karena pori-pori masker kain bisa melebar saat dicuci berkali-kali, ditambah jika dicuci dengan cara digosok.

"Ada beberapa masker kain bisa dicuci ulang dipakai kembali. Apakah dengan dicuci ulang daya filtrasi berkurang? Memang menurut riset, masker masker yang bisa dicuci ulang biasanya memang kalau dicuci akan menurunkan daya filtrasi karena pori-porinya biasanya lebih mengembang," kata Agus, dikutip Senin  (18/10).

"Semakin sering dicuci, pori-porinya akan semakin mengembang melebar sehingga filtrasi menurun. Sebenarnya walaupun masker kain, disarankan setelah dicuci beberapa kali sebaiknya ganti yang baru," sambung Agus.

Dalam hal ini, Agus mengingatkan kalangan yang lebih sering menggunakan masker kain, untuk mencucinya dengan cara dry wash. Tak kalah penting juga untuk kurangi menyikat permukaan masker agar pori-porinya tak terganggu.

Di lain sisi, bagi yang sering menggunakan masker medis, tidak dianjurkan untuk mencucinya kembali lantaran penggunaannya yang hanya sekali pakai dan akan rusak jika digunakan kembali.

"Kalau anda pakai model cuci, pakai yang dry wash dengan pengeringan itu tidak perlu disikat membuat pori-porinya terganggu. Kalau model masker bedah, KN95 itu nggak boleh dicuci ulang. Kalau dicuci ulang pasti rusak," kata Agus.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Silvia Marissa
Zal

Zal

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US