The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Varian Mutan Ganda Diduga Jadi Penyebab Tsunami Covid-19 di India
Seorang pria di India berjalan di tengah tempat kremasi korban Covid-19 (REUTERS/Danish Siddiqui)
Health

Varian Mutan Ganda Diduga Jadi Penyebab Tsunami Covid-19 di India

Dijuluki varian India B.1.617

Jumat, 07 Mei 2021 15:40 WIB 07 Mei 2021, 15:40 WIB

INDOZONE.ID - Varian Covid-19 atau corona yang pertama kali ditemukan di India yang juga disebut sebagai varian "mutan ganda", mungkin berada di balik krisis Covid yang semakin mendalam di negara itu.

Dijuluki varian India B.1.617, virus tersebut pertama kali ditemukan pada Maret, dan memiliki 15 mutasi dibandingkan virus aslinya.

Itu terjadi ketika tujuh kasus varian Covid-19 India diidentifikasi di Irlandia Utara. Kasus-kasus tersebut, yang dikonfirmasi pada hari Kamis, adalah varian pertama yang teridentifikasi di kawasan tersebut.

Baca Juga: Update Corona Dunia 6 Mei: 155 Juta Kasus, India 21 Juta Kasus

Dr Sujeet Singh selaku Direktur Pusat Pengendalian Penyakit Nasional India mengatakan lonjakan kasus yang terlihat selama satu setengah bulan terakhir di beberapa negara bagian menunjukkan "korelasi dengan peningkatan virus B.1.617.

“Awalnya, episentrum garis keturunan B1.617 ditemukan di Maharashtra. Lonjakan saat ini dalam kasus yang terlihat selama satu setengah bulan terakhir di beberapa negara bagian menunjukkan korelasi dengan kenaikan garis keturunan B1.617," ujar Singh seperti dilansir dari ITV.

“Namun, korelasi epidemiologis dan klinisnya tidak sepenuhnya ditetapkan tanpa korelasi, kami tidak dapat menetapkan hubungan langsung ke lonjakan apa pun," tambahnya.

Dokter Singh pun telah menyarankan negara-negara bagian di India untuk memperkuat respons kesehatan masyarakat, meningkatkan pengujian, isolasi cepat, mencegah keramaian, dan vaksinasi di wilayah keberadaan B.1.617 yang telah dicatat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri
JOIN US
JOIN US