Ini 5 Cara Mengatasi Dermatitis Seboroik
Ilustrasi. (Unsplash/Element5 Digital)
Health

Ini 5 Cara Mengatasi Dermatitis Seboroik

Astrid
Jumat, 08 November 2019 14:05 WIB 08 November 2019, 14:05 WIB

INDOZONE.ID - Dermatitis seboroik atau dikenal sebagai eksem seboroik merupakan penyakit kulit kronis dengan gejala kering, mengelupas dan bahkan memerah. 

Penyakit kulit ini paling sering menyerang kulit kepala. Namun, bisa juga menyerang area berminyak di bagian tubuh yang lain seperti wajah, sisi hidung, alis, telinga, kelopak mata dan dada.

Penyebab pasti dermatitis seboroik tidak diketahui pasti, mungkin berbeda-beda pada bayi dan dewasa. Mungkin ada faktor genetik yang berperan, bisa karena hormon, atau bisa juga karena jamur malassezia.

Berikut ini 5 cara mengatasi dermatitis seboroik yang dirangkum Indozone dari berbagai sumber:

1. Menjaga kebersihan lewat mandi

Dermatitis Seboroik
Ilustrasi. (Pexels/pointofju)

Menjaga kebersihan memang menjadi salah satu cara penanganan dermatitis. Meskipun begitu mandi tidak sembarang mandi, tetapi membatasi durasi mandi juga penting. Idealnya mandi adalah maksimal 10 menit dengan penggunaan air hangat bukan air panas. Meneteskan olive oil sebelum mengguyur badan dengan air juga efektif.

2. Pakai sampo antijamur

Dermatitis Seboroik
Ilustrasi. (Pixabay/Licya)

Selain pakai sampo antiketombe, dokter juga akan menyarankan pakai sampo antijamur. Sampo ini dapat mengobati dermatitis seboroik yang disebabkan oleh jamur Malassezia. Sampo antijamur umumnya mengandung zat yang dikenal sebagai ketoconazole.

3. Pakai Losion

Dermatitis Seboroik
Ilustrasi. (Pexel/Moose Photos)

Pakailah losion atau krim yang mengandung penghambat calcineurin, seperti pimecrolimus, dan tacrolimus, untuk pengobatan yang menekan sistem kekebalan tubuh.

4. Hindari beberapa hal berikut ini

Selain beberapa pengobatan di atas, kamu juga harus mencegah dermatitis seboroik agar tidak semakin parah. Ada beberapa pencegahan sekaligus cara mengobati dermatitis seboroik agar tidak kambuh. Berikut adalah hal yang harus dilakukan:

  • Hindari iklim dingin dan udara kering
  • Cegah stres
  • Hindari paparan sinar matahari terlalu banyak
  • Hindari memakai deterjen atau sabun dengan bahan yang keras
  • Usahakan sebisa mungkin untuk tidak menggaruk bagian yang gatal. Menggaruk meningkatkan risiko perdarahan atau infeksi yang akan meningkatkan iritasi kulit

5. Oleskan minyak zaitun

Dermatitis Seboroik
Ilustrasi. (PIxabay/stevepb)

Mengoleskan minyak zaitun atau petroleum jelly pada kerak kepala diamkan selama satu jam. Setelah kerak melunak, gosok dengan lembut agar rontok dari kulit.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Astrid
Astrid

Astrid

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU