The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Waspada, Nyeri di Bagian Tubuh Ini Bisa Jadi Gejala Omicron Centaurus, Kenali Tandanya!
Ilustrasi penderita COVID-19 (Freepik)
Health

Waspada, Nyeri di Bagian Tubuh Ini Bisa Jadi Gejala Omicron Centaurus, Kenali Tandanya!

Jangan abai prokes.

Jumat, 22 Juli 2022 09:45 WIB 22 Juli 2022, 09:45 WIB

INDOZONE.ID - Nyeri punggung menjadi salah satu gejala yang kerap dirasakan pasien COVID-19. Bahkan menurut aplikasi studi Zoe COVID, nyeri di bagian tubuh ini menjadi satu dari 20 gejala yang paling banyak dirasakan pasien Omicron, termasuk pada infeksi subvarian baru BA.2.75 atau Centaurus.  

Kepala aplikasi studi tersebut, Prof Tim Spector menyebut sekitar satu dari lima orang dengan infeksi Omicron mengalami sakit punggung.

Namun hingga kini, belum ada penjelasan lebih rinci terkait penyebab banyak pasien COVID-19 varian Omicron mengalami sakit punggung.

Baca juga: Presiden AS Joe Biden Positif COVID-19 Gejala Ringan, Gedung Putih: Sudah Divaksin Penuh

Tetapi pada beberapa kasus, rasa sakit tersebut bisa melemahkan pasien dan membatasi mobilitas.

"Data dari Afrika Selatan yang pertama kali mengidentifikasi (varian Omicron) menunjukkan, pasien Omicron kerap mengalami dua rangkaian gejala (yaitu) pertama sakit tenggorokan, hidung tersumbat, batuk, kemudian nyeri otot terutama nyeri punggung bawah," beber pakar di VaccinesWork, seperti yang dikutip dari Times of India, Jumat (22/7/2022).

Adapun terkait tanda gejala ini, beberapa pasien menggambarkan rasanya seperti kram menstruasi, yaitu nyeri berdenyut yang terus berulang.

"Nyeri punggung ini digambarkan oleh beberapa pasien sebagai kram menstruasi yang intens, batu ginjal atau kejang otot," sambung lembaga tersebut.

Meski begitu juga disebutkan, tidak semua sakit punggung disebabkan COVID-19.

Gejala COVID-19 lain yang juga wajib diwaspadai yaitu sakit tenggorokan, batuk, demam, pilek, bersin, kelelahan, dan gejala pernapasan.

Selain itu, ada juga gejala lain yang lebih jarang dan mungkin dialami beberapa pasien.

Di antaranya rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, sakit kepala, konjungtivitis, sakit tenggorokan, diare, kehilangan indera rasa atau penciuman, ruam pada kulit, atau perubahan warna jari tangan atau kaki. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Anisa Rizwani
JOIN US
JOIN US