CEK FAKTA: Virus Corona Tidak Menular Melalui Udara
Ilustrasi bersin. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Health

CEK FAKTA: Virus Corona Tidak Menular Melalui Udara

Pernyataan WHO.

Selasa, 31 Maret 2020 13:15 WIB 31 Maret 2020, 13:15 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa waktu lalu muncul kabar bahwa virus corona bisa melayang-layang di udara selama delapan jam. Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan informasi itu tidak benar.

WHO mengatakan, virus yang mengakibatkan Covid-19 ini menular lewat percikan-percikan yang dikeluarkan oleh orang positif virus corona pada saat batuk, bersin, atau berbicara.

"Percikan-percikan tersebut terlalu berat untuk melayang di udara. Mereka jatuh dengan cepat ke lantai atau permukaan (benda)," kata WHO.

virus corona
Ilustrasi orang tengah menghadapi pandemi virus corona (REUTERS)

Berdasarkan penjelasan WHO, seseorang bisa terinfeksi dengan menghirup virus jika dia berada sekitar satu meter dari orang yang terinfeksi corona. Atau bisa juga tertular dengan menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus dan kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut sebelum mencuci tangan.

Agar tetap terhindar dari virus mematikan ini, WHO menyarankan kamu untuk menjaga jarak fisik dengan orang lain minimal satu meter dan rutin membersihkan benda-benda yang sering kamu sentuh dengan cairan disinfektan.

"Cuci tanganmu secara rutin dan hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung," kata WHO.

Untuk cuci tangan, usahakan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Jaga juga kebersihan lingkungan serta patuhi social distancing dengan berkegiatan di dalam rumah dan menghindari pertemuan besar.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US