Ini Alasan Kenapa Selama Pandemi Corona Berat Badan Naik
Ilustrasi berat badan naik (Unsplash/i yunmai)
Health

Ini Alasan Kenapa Selama Pandemi Corona Berat Badan Naik

Kamis, 30 April 2020 18:53 WIB 30 April 2020, 18:53 WIB

INDOZONE.ID - Di tengah pandemi virus corona banyak orang yang mengalami stres. Menurut seorang ahli biokimia gizi dari Amerika Serikat, Shawn Talbott mengatakan bahwa stres yang terjadi di tengah pandemi menyebabkan naiknya berat badan.

Menurutnya, disaat seperti ini membuat pola makan sehat, olahraga dan waktu istirahat menjadi semakin buruk.

Melalui bukunya 'The Cortisol Connection: Why Stress Makes You Fat and Ruins Your Health and What You Can do About', dia menjelaskan bahwa stres yang dialami orang dalam masa sulit seperti ini, bisa menekan sistem kekebalan tubuh hingga menurun.

Hal ini akan memberi respon buruk seperti penyusutan otot, kulit, dan jaringan lain dalam tubuh, namun tidak pada lemak perut.

"Lemak perut adalah satu-satunya jaringan yang mengembang saat kondisi stres. Kortisol saat stres hampir selalu meningkatkan nafsu makan pada makanan cepat saji, tinggi gula, lemak, dan memicu kita untuk terus makan," jelasnya.

Talbott juga memberikan tips untuk mencegahnya, yakni memberikan waktu istirahat yang cukup, perhatikan apa yang dikonsumsi, dan meluangkan waktu untuk berolahraga, dilansir dari New York Post.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US