Ini yang Menyebabkan Sering Mengantuk Saat Haid
Mengantuk (Ilustrasi/Istimewa)
Health

Ini yang Menyebabkan Sering Mengantuk Saat Haid

Minggu, 26 Januari 2020 10:26 WIB 26 Januari 2020, 10:26 WIB

INDOZONE.ID - Hormon saat menstruasi dapat mempengaruhi suasana hati dan tingkat energi, siklus menstruasi juga dapat memengaruhi kerja tidur. sehingga membuat kita jadi mudah mengantuk saat beraktivitas.

Siklus hormon tubuh melibatkan empat hormon, dan kadar keempat hormon tersebut jatuh tepat sebelum menstruasi dimulai, seperti yang dikutip dari Nationalsleepfoundation.org.
 
Pada fase folikuler hormon strogen yang berkaitan dengan rasa bahagia akan memuncak. Sedangkan progesteron naik setelah ovulasi, yang membuat wanita mengantuk.
 
Berdasarkan laporan yang dimuat di Huffington Post 20 % wanita mengaku merasa mengantuk saat beraktivitas selama siklus menstruasi.

Hal ini terjadi karena meningkatnya kadar progesteron, sehingga tubuh meningkatkan produksi estrogen, membuat telur-telur itu berputar dan begitu menyadari tidak akan ada pembuahan apa pun, kadar estrogen turun dan begitu juga kemampuan untuk menjaga mata tetap terbuka.

Olahraga adalah cara terbaik untuk mencegah rasa ngantuk saat menstruasi, setidaknya lakukan olahraga seperti jalan kaki selama 30 menit.

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU