The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata WFH Bisa Buat Kamu Sakit Loh, Apalagi Jika di Depan Laptop Terus Menerus
Work From Home (Photo by nappy from Pexels)
Health

Ternyata WFH Bisa Buat Kamu Sakit Loh, Apalagi Jika di Depan Laptop Terus Menerus

Kamis, 14 Oktober 2021 11:22 WIB 14 Oktober 2021, 11:22 WIB

INDOZONE.ID - Aktivitas WFH saat ini memang jadi hal yang lazim di beberapa perusahaan. Namun, kegiatan ini ternyata memiliki efek samping, yakni bisa terkena Computer Vision Syndrome.

Alasan mengapa kamu bisa terkena Computer Vision Syndrome adalah karena memiliki waktu yang sangat panjang dalam menggunakan komputer atau gawai lain.

Hal ini sendiri diutarakan oleh a Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) dr. M. Sidik, SpM(K). Salah satu gejala yang akan terasa setelah kena penyakit itu adalah mata yang memerah, berair, gatal, kadang-kadang sampai sakit kepala.

"Ini akibat bekerja terlalu lama dengan komputer karena bekerja dengan komputer adalah bekerja dengan jarak yang sama dan terus-menerus, berjam-jam," kata dr Sidik dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Rabu (13/10/2021).

Biasanya Computer Vision Syndrome bisa terjadi karena mata melihat layar komputer dengan jarak tertentu secara terus-menerus, bahkan sampai berjam-jam selama bekerja.

Hal itulah yang membuat kekakuan pada otot mata, sehingga saat melihat ke arah jauh objek terlihat ganda atau buram. Walau begitu, efek yang terasa ini ternyata sifatnya hanya sementara saja dan malah akan jadi efek biasa seperti flu saja.

Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan mengistirahatkan mata selama 10 menit setelah 2 jam menatap komputer atau laptop. Ingat, jangan jadikan istirahat mata dengan menatap komputer lagi atau malah melihat ponsel.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US