The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Cara Mempercepat Kontraksi secara Alami
Ilustrasi ibu hamil. (Pexels/Laura Garcia)
Health

4 Cara Mempercepat Kontraksi secara Alami

Ini caranya.

Kamis, 29 Juli 2021 06:35 WIB 29 Juli 2021, 06:35 WIB

INDOZONE.ID - Umumnya waktu melahirkan secara normal dikatakan aman apabila usia kandungan di antara 38 - 42 minggu. Namun jika sudah melewati 42 minggu bayi tak kunjung lahir, mungkin ibu perlu mempercepat kontraksi.

Ibu hamil bisa mempercepat kontraksi secara alami untuk merangsang pergerakan bayi menuju jalan lahir. Dilansir dari Healthline, inilah beberapa cara mempercepat kontraksi secara alami:

1. Bergerak

Gerakan dapat membantu merangsang kontraksi. Cukup berjalan-jalan di sekitar rumah atau naik turun beberapa anak tangga. Peningkatan tekanan ini dapat membantu serviks melebar sehingga proses melahirkan lebih cepat datang.

2. Berhubungan Seks

Berhubungan seks dengan pasangan sering direkomendasikan untuk memicu kontraksi alami. Namun cara ini hanya aman dilakukan jika air ketuban belum pecah. Selain itu, orgasme juga dapat merangsang rahim, dan seks secara umum dapat melepaskan hormon oksitosin yang menyebabkan kontraksi.

BACA JUGA: 5 Cara Tetap Sehat di Tengah Penggunaan Smartphone

3. Stimulasi Puting Payudara

Selain berhubungan seks, stimulasi puting payudara juga bisa dilakukan untuk merangsang kontraksi rahim. Cobalah menggosok atau memutar puting dengan lembut untuk melepaskan hormon oksitosin yang merangsang kontraksi.

4. Makan Makanan Pedas

Makanan pedas juga disebut dapat membantu kontraksi alami. Ini karena beberapa makanan pedas dapat memicu pelepasan prostaglandin. Namun jika kamu bukan orang yang terbiasa makan pedas, lebih baik gunakan cara lain.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US