The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bertambah! Kasus Hepatitis Akut Meningkat Jadi 450 Kasus dan 12 Kematian di Seluruh Dunia
Ilustrasi anak sakit. (Freepik)
Health

Bertambah! Kasus Hepatitis Akut Meningkat Jadi 450 Kasus dan 12 Kematian di Seluruh Dunia

Senin, 16 Mei 2022 15:02 WIB 16 Mei 2022, 15:02 WIB

INDOZONE.ID - Wabah hepatitis akut yang telah menyebar diberbagai dunia, termasuk Indonesia. Kini telah menginfeksi sekitar 450 anak, sementar 12 anak dilaporkan meninggal akibat hepatitis akut misterius, menurut laporan dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDPC).

Penyakit hati yang pertama kali dilaporkan di Inggris pada bulan April lalu itu telah menyebabkan 12 kematian. Di Indonesia 5 anak dilaporkan meninggal, Palastina satu orang, Amerika Serikat 5 anak dan Irlandia satu anak.

Dikutip India TV, jumlah kasus tertinggi telah dilaporkan dari Inggris yakni sebanyak 176 kasus dan Amerika 110 kasus. Sementara 100 kasus lainnya dari negara Eropa termasuk Austria, Belgia, Siprus, Denmark, Prancis, Irlandia, Italia, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Spanyol, dan Swedia.

Baca juga: Hepatitis Akut Serang Usia Anak, Simak Cara Pencegahannya

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 21 negara kini telah mendeteksi hepatitis akut yang belum diketahui asalnya, di mana virus telah menginfeksi anak-anak di bawah usia 10 tahun sejak awal April. Hingga kini 26 anak dilaporkan membutuhkan transplantasi hati.

Meskipun sejauh ini tidak ada alasan yang diidentifikasi, adenovirus atau keluarga infeksi umum yang bertanggung jawab atas penyakit ini mulai dari pilek hingga infeksi mata, diduga menyebabkan hepatitis akut.

Tetapi ECDPC dalam sebuah pernyataan mengatakan, hipotesis lain dan kemungkinan faktor pendukung sedang diselidiki. Sebagian besar kasus terus dilaporkan sebagai kasus sporadis yang tidak terkait.

Sementara itu, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) juga mendeteksi SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, dalam 24 kasus dari 132 dengan hasil yang tersedia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US