The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tak Ingin Bayi Lahir Cacat Neurologis, Ibu Hamil Harus Penuhi Vitamin B12
Ilustrasi ibu hamil. (freepik)
Health

Tak Ingin Bayi Lahir Cacat Neurologis, Ibu Hamil Harus Penuhi Vitamin B12

Minggu, 09 Januari 2022 15:45 WIB 09 Januari 2022, 15:45 WIB

INDOZONE.ID - Wanita hamil atau yang sedang berencana untuk hamil mengonsumsi asam folat sangat penting untuk perkembangan bayi.

Tapi, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), vitamin B12 sama pentingnya dengan asam folat untuk mencegah tabung saraf dan cacat neurologis pada bayi.

Namun pada kenyataannya, sebanyak 1 dari 20 wanita hamil kurang asupan vitamin B12. Vitamin B12 penting karena membantu menjaga saraf dan sel darah tubuh tetap sehat dan membantu membuat DNA, materi genetik di semua sel.

Dilansir Parents, kekurangan vitamin B12 dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa hasil kehamilan yang akan merugikan bagi ibu hamil dan janin.

Baca juga: Ibu Hamil Jangan Menangis dan Stres, Ini Bahayanya Bagi Janin

Risiko ini termasuk cacat tabung saraf, retardasi pertumbuhan intrauterin, preeklamsia dan keguguran dini, yang lebih menakutkan lagi keterlambatan neurologis dan perkembangan pada bayi terlambat.

National Institutes of Health merekomendasikan agar ibu hamil dan menyusui mengonsumsi 2,8 mikrogram (mcg) B12 per hari. Kamu bisa mendapatkan vitamin B12 dari produk hewani seperti daging sapi, hati, dan kerang. Selain itu, ikan, daging, unggas, susu, telur dan produk susu lainnya juga.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US