The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Zara Dihujat usai Viral, Ini Dampak Perundungan Dunia Maya, Bisa Sebabkan Bunuh Diri
Adhisty Zara. (Instagram/@zaraadhsty)
Health

Zara Dihujat usai Viral, Ini Dampak Perundungan Dunia Maya, Bisa Sebabkan Bunuh Diri

Jumat, 21 Agustus 2020 09:33 WIB 21 Agustus 2020, 09:33 WIB

INDOZONE.ID - Eks JKT48 Adhisty Zara menjadi bulan-bulanan netizen setelah video yang memperlihatkan payudaranya digrepe sang kekasih beredar di media sosial. Sejak Rabu malam (19/8/2020), Zara masih menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen bahkan namanya masih menempati trending topic di Twitter.

Hingga saat ini, Zara masih bungkam terkait video grepe payudara tersebut. Sementara itu, ibu dan kakaknya meminta agar netizen menghentikan perundungan terhadap Zahra.

"Untuk saat ini tidak ada yang lebih penting daripada keselamatan jiwa dan mental anakku. Stop judging, please. I'm with her no matter what," tulis ibu Zara di Instagram Story-nya.

Terkait perundungan dunia maya yang dialami Zara (cyber bullying), ada beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai dampak yang dialami korban.

Seseorang yang mengalami perundungan di dunia maya bisa mengalami gangguan emosional dan fisik yang cukup parah. Mereka kemungkinan akan sulit berkonsentrasi dan jadi sulit bergaul dengan temannya.

Perundungan dunia maya dampaknya tidak sepele. Korban perundungan akan merasa sangat malu, marah hingga putus asa. Jika perasaannya tak kunjung membaik dan semakin parah, korban bisa saja berpikiran untuk bunuh diri.

Selain itu, perundungan juga bisa membuat korban depresi dan kehilangan percaya diri. Tak hanya itu saja, perundungan juga bisa membuat korban jadi menarik diri dari lingkungan sosial dan jadi lebih suka menyendiri.

Karena efek yang ditimbulkan cukup serius, kita sebaiknya menjaga jemari kita untuk tidak menuliskan hal-hal yang tidak baik untuk menyerang seseorang atau suatu kelompok, meskipun bersalah. Hati-hati dalam bermedia sosial, agar tak menyesal di kemudian hari.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US