The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Efek Buruk Jika Salah Berikan Pertolongan Pertama pada Luka
Ilustrasi luka. (Pexels/Anna Shvets)
Health

Ini Efek Buruk Jika Salah Berikan Pertolongan Pertama pada Luka

Apa ya efeknya?

Selasa, 22 September 2020 10:23 WIB 22 September 2020, 10:23 WIB

INDOZONE.ID - Luka lecet dan gores harus ditangani dengan baik sedari awal. Ini untuk mencegah terjadinya infeksi dan bekas luka yang buruk di kemudian hari.

Apa yang akan terjadi jika luka tidak diberi pertolongan pertama yang tepat? Dokter Spesialis Luka, dr. Adisaputra Ramadhinara menjelaskan, kemungkinan terburuk seseorang akan mengalami efek yang mengerikan jika tidak mendapat perawatan yang tepat sejak awal.

"Efek paling bahaya adalah (munculnya) belatung, biayanya juga pasti besar. Kebanyakan mereka yang mengalami luka sebesar itu awalnya dari satu luka kecil yang ditangani dengan tidak baik sehingga menjadi besar, apalagi pasien dengan penyulit seperti diabetes," kata dr. Adi dalam webinar belum lama ini.

Ia juga meminta masyarakat untuk tidak lagi menganggap luka ringan sebagai hal yang sepele dan mengubah mindset serta kebiasaan tentang cara menangani luka yang baik.

"Sediakan antiseptik, salep, dan plaster," lanjutnya.

Dengan menyediakan peralatan-peralatan tersebut, cara menangani luka bisa dilakukan dengan mudah dan tepat. Hal ini bisa membuat luka tidak meninggalkan bekas yang buruk.

"Jangan sampai kalau ada luka berakhir dengan buruk, dan supaya semua lebih sehat dan fasih menangani luka di rumah. Luka jatuh, teriris pisau dan sebagainya, stepnya bersihkan dengan antiseptik, oleskan dengan salep, jangan lupa ditutup dan ganti plasternya sehari dua kali. Kalau lukanya simpel dalam waktu beberapa hari akan sembuh sendiri," tutup dr. Adi.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
JOIN US
JOIN US