The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Makanan Terbaik untuk Mengontrol Diabetes
Ilustrasi makanan sehat (Pexels/Daria Shevtsova)
Health

3 Makanan Terbaik untuk Mengontrol Diabetes

Selasa, 22 September 2020 12:04 WIB 22 September 2020, 12:04 WIB

INDOZONE.ID - Mencari tahu makanan terbaik untuk dimakan saat menderita diabetes mungkin sedikit lebih sulit. Ini karena tujuan utama adalah mengontrol kadar gula darah.

Tapi penting juga untuk mengonsumsi makanan yang membantu mencegah komplikasi diabetes seperti penyakit jantung.

Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa makanan terbaik yang bisa mengontrol diabetes:

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak dianggap baik untuk dikonsumsi, misalnya saja seperti ikan salmon, sarden, herring, anchovies dan mackerel yang merupakan sumber asam lemak omega-3 DHA dan EPA, yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung.

Mendapatkan cukup lemak ini secara teratur sangat penting bagi penderita diabetes, yang memiliki peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

ikan salmon
Ikan salmon (unsplash/Caroline Attwood)

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau sangat bergizi dan rendah kalori, tak hanya itu saja sayuran tersebut juga rendah karbohidrat yang dapat dicerna, atau karbohidrat yang diserap oleh tubuh, sehingga tidak akan mempengaruhi kadar gula darah secara signifikan.

Beberapa sayuran berdaun hijau ialah bayam, kangkung, dan sayuran berdaun hijau lainnya merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin C.

bayam
Bayam (unsplash/Andrijana Bozic)

3. Alpukat

Alpukat memiliki kurang dari 1 gram gula, sedikit karbohidrat, kandungan serat tinggi, dan lemak sehat, jadi kamu tidak perlu khawatir buah tersebut meningkatkan kadar gula darah.

Tak hanya itu saja, konsumsi alpukat juga dikaitkan dengan peningkatan kualitas makanan secara keseluruhan dan secara signifikan menurunkan berat badan.

alpukat makanan terbaik untuk penderita diabetes
Alpukat (unsplash/Louis Hansel )

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US