The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Miliki Hobi Berikut Ini, Karena Baik Untuk Jantung Kamu
Ilustrasi memasak. (Photo/Ilustrasi/KlikDokter)
Health

Miliki Hobi Berikut Ini, Karena Baik Untuk Jantung Kamu

Kamis, 14 Januari 2021 15:37 WIB 14 Januari 2021, 15:37 WIB

INDOZONE.ID - Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia, baik pada pria maupun wanita.

Data menunjukkan, 1 dari 4 kematian di Amerika Serikat disebabkan oleh penyakit jantung. Di sana juga, satu orang meninggal akibat penyakit jantung setiap 42 detik.

Baca Juga : Kebiasaan yang Harus Kamu Hindari Usai Berhubungan Seks

Selain olahraga dan menjaga pola makan, ada beberapa hobi yang sehat untuk kesehatan jantung. Berikut ini hobi yang baik untuk kesehatan jantung.

  • Menari

Kamu tidak perlu mengikuti kelas dansa untuk dapat menari. Cukup pasang lagu favorit di rumah, lalu goyangkan tubuh. Kamu bisa melakukannya sendirian, bersama teman, pasangan, ataupun anak.

Tidak hanya menghilangkan stres, menari juga dapat menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan. Satu jam menari diperkirakan mampu membakar hingga 320 kalori.

  • Memasak

Selama memasak, kamu akan dipaksa untuk berdiri dan berjalan, serta melakukan gerakan dinamis lainnya. Otot lengan dan tangan juga akan terlatih ketika mengocok telur atau menguleni adonan kue.

Dengan meningkatkan keterampilan memasak, kamu dapat menyajikan menu makanan yang sehat dan bergizi bagi keluarga.

  • Berkebun

Meski cukup melelahkan dan membutuhkan komitmen, berkebun akan terasa sangat memuaskan jika kita berhasil melakukannya.

Banyak gerakan aktif yang dapat dilakukan ketika berkebun. Akan sangat memuaskan batin ketika berhadapan dengan kebun yang indah dan tertata rapi.

Melakukan serangkaian aktivitas berkebun dan mengalami perasaan bahagia akan mengusir faktor risiko penyakit jantung jauh-jauh.

  • Tertawa

Penelitian membuktikan bahwa tertawa dapat menurunkan hormon stres di tubuh. Peradangan pada pembuluh darah arteri pun menurun. Tertawa juga bisa meningkatkan LDL atau kolesterol baik di dalam darah.

  • Bercinta

Hobi yang sehat ini memang menarik. Bercinta sering kali dianggap sebagai obat dari segala penyakit, termasuk jantung.

Aktivitas seksual tidak hanya sekadar memenuhi kesenangan dan kepuasan, tapi juga menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

TAG
Ferry Andika
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US