The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kripto Bitcoin Anjlok Bikin Orang Merana, RS Ini Tawarkan Rehabilitas Kecanduan
Harga mata uang kripto anjlok bikin orang merana hingga berimbas ke kesehatan mental. (Foto/Freepic/BackyardProduc)
Health

Kripto Bitcoin Anjlok Bikin Orang Merana, RS Ini Tawarkan Rehabilitas Kecanduan

Rabu, 15 Juni 2022 17:30 WIB 15 Juni 2022, 17:30 WIB

INDOZONE.ID - Anjloknya harga mata uang digital membuat banyak orang merana. Tidak hanya membuat orang-orang kecanduan, namun juga mempengaruhi kesehatan mental akibat stres berat saat harga cryptocurrency mulai menurun.

Terlebih harga bitcoin saat ini sedang sedang tidak bagus. Kondisi ini menyeret token yang lebih kecil ke bawah bersamanya dan memacu penurunan tajam di pasar kripto

Mata uang kripto terbesar di dunia itu turun 7,8 persen menjadi 20.289 dolar AS, terendah sejak Desember 2020.

Bitcoin telah kehilangan sekitar 28 persen sejak Jumat (10/6/2022) dan lebih dari setengah nilainya tahun ini. Sejak rekor tertinggi 69.000 dolar AS pada November, bitcoin telah merosot sekitar 70 persen.

Situasi ini pun dimanfaatkan sebuah rumah sakit untuk merawat orang-orang yang kecanduan mata uang kripto.

Castle Craig Hostpital sebuah pusat kesehatan di Skotlandia menyediakan tempat perawatan akibat kecanduan mata uang kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple & Litecoin.

"Kami memperlakukan ini sebagai bentuk kecanduan judi," tulis laman situs rumah sakit itu.

Beberapa gejala yang harus diwaspadai oleh pengguna mata uang kripto tampak menunjukkan kecanduan adalah: merasakan ketegangan dan kecemasan otot, terus-menerus memeriksa harga secara online bahkan di tengah malam dan memikirkan perdagangan cryptocurrency ketika melakukan hal-hal lain.

Rumah sakit itu t4elah menyediakan fasilitas ketergantungan mata uang kripto untuk membantu penderita mengurangi kecanduan dan apa yang harus dilakukan saat merasa ketergantungan terhadap mata uang kripto.

Diketahui mata uang kripto telah terpukul keras minggu ini setelah pemberi pinjaman kripto AS Celsius membekukan penarikan dan transfer antar akun.

Kondisi ini memicu kekhawatiran kejatuhan yang lebih luas di pasar aset digital yang sudah terguncang oleh matinya token terraUSD dan luna bulan lalu.

Di samping itu ekspektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve (Fed) AS yang lebih tajam karena inflasi di ekonomi terbesar dunia itu juga telah menambah tekanan pada aset-aset berisiko dari uang kripto hingga saham.

Dana-dana kripto melihat arus keluar 102 juta dolar AS minggu lalu, menurut Digital Asset Manager CoinShares, mengutip antisipasi investor terhadap kebijakan bank sentral yang lebih ketat.

Berdasarkan data CoinMarketCap menunjukkan nilai pasar kripto global telah turun di bawah 900 miliar dolar AS, turun dari puncaknya 2,97 triliun dolar AS pada November.

"Riak yang mengalir di pasar belum berhenti," kata Direktur Investasi Axion Global Asset Management, Scottie Siu, yang berbasis di Hong Kong.

"Saya pikir kita masih berada di tengah-tengahnya, sayangnya, permainan belum berakhir."

Celsius telah menyewa pengacara restrukturisasi dan mencari kemungkinan opsi pembiayaan dari investor, Wall Street Journal melaporkan, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Celsius juga menjajaki alternatif strategis termasuk restrukturisasi keuangan, katanya.

Mata uang kripto yang lebih kecil, yang cenderung bergerak seiring dengan bitcoin, juga turun. Ether, token terbesar kedua, turun sebanyak 12 persen menjadi 1.045 dolar AS, terendah baru dalam 15 bulan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US