The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tak Melulu Soal Ekonomi, Ahli Jelaskan Faktor Utama Penyebab Stunting pada Anak
Ilustrasi anak stunting. (FREEPIK/jcomp)
Health

Tak Melulu Soal Ekonomi, Ahli Jelaskan Faktor Utama Penyebab Stunting pada Anak

Kurang nutrisi.

Rabu, 25 Januari 2023 21:00 WIB 25 Januari 2023, 21:00 WIB

INDOZONE.ID - Faktor ekonomi seringkali disebut sebagai salah satu penyebab anak mengalami stunting. Hal itu diduga karena minimnya daya beli untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak.

Dokter Spesialis Gizi, dr Marya Haryono, M.Gizi, Sp.GK., FINEM memberikan klarifikasi bahwa bukan hanya ekonomi yang berpengaruh menimbulkan anak stunting. Melainkan, pemenuhan nutrisi pada 1.000 hari pertama kehidupan anak.

"Faktor nutrisi itu nomor satu, pasti. Terutama nutrisi 1.000 hari pertama kehidupan, tetapi kalau dari penjelasan lengkapnya, itu sebenarnya seluruh siklus kehidupan seseorang," ujar dr. Marya saat menghadiri Media Brief Hari Gizi Nasional Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2023).

Baca juga: 10 Ucapan Hari Gizi Nasional 2023, Cegah Stunting Bersama!

Menurutnya orang yang memiliki daya beli baik, masih bisa berpotensi melahirkan anak stunting. Hal itu tergantung pada edukasi dan pengetahuan sang ibu, kondisi kesehatan sang anak, dan nutrisi yang terkandung dalam makanan.

penyebab stunting
Media Brief hari gizi nasional 'Pentingnya Protein untuk Cegah Stunting' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2023). (INDOZONE/Arvi Resvanty)

"Hubungan stunting dengan ekonomi itu bagaimana seseorang bisa memenuhi daya beli belinya. Tapi ada juga yang daya belinya cukup bagus tetapi mungkin kurang edukasi, atau mungkin isian makanannya, atau si anaknya ada problem kesehatan tertentu, atau ibunya ada problem kesehatan tertentu yang menyebabkan asupan nutrisinya tidak kuat," jelas dr Marya.

Perempuan memiliki peran penting dalam menentukan kondisi kesehatan anak, termasuk ketika anak berada dalam kandungan. Di setiap siklus kehidupan nutrisi harus bisa terpenuhi dengan baik.

Baca juga: Hari Gizi Nasional: Ini 5 Makanan yang Murah dan Mudah Didapat untuk Cegah Stunting

"Stunting berlangsung dari sang ibu mengandung. Butuh banget edukasi yang bener. Jadi pengetahuan si ibu ini harus bagus terkait gizinya, sehingga setiap siklus kehidupan nutrisinya terpenuhi," jelasnya.

dr Marya menyimpulkan stunting dipengaruhi oleh berbagai faktor, bukan semata- mata dari sisi ekonomi. Kondisi penyakit seseorang juga bisa berpengaruh menjadi faktor stunting.

"Itu multifaktorial, intinya gimana nutrisi ini bisa terpenuhi. Jadi faktor-faktor tadi harus dikendalikan, bukan semata-mata kalau ekonomi rendah berisiko besar mengalami stunting," tandas dr. Marya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Fitri
Arvi Resvanty
Edi Hidayat
Editor
Fitri
Writer
Arvi Resvanty
Reporter
JOIN US
JOIN US