The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Kasar Kalau Bangunin Orang Tidur, Risikonya Bisa Bikin Meninggal Seketika!
Ilustrasi orang tidur di pinggir jalan. (Freepik)
Health

Jangan Kasar Kalau Bangunin Orang Tidur, Risikonya Bisa Bikin Meninggal Seketika!

Yang suka ngagetin orang tidur harus tahu.

Selasa, 29 November 2022 14:45 WIB 29 November 2022, 14:45 WIB

INDOZONE.ID - Pernah ada yang ngalamin nggak, dibangunin pakai cara kasar sampai bikin kaget? Atau mungkin kamu salah satu pelaku yang suka bangunin orang mendadak dan enggak pelan-pelan? Kalau iya, mulai sekarang jangan lagi ya!

Kenapa? Karena risikonya ternyata bisa fatal, lho. Enggak mau, kan? Kalau yang tadinya cuma niat bangunin orang malah bikin dia jadi mengalami hal yang tidak seharusnya. Lantas, mengapa seseorang harus dibanguni pelan-pelan?

Baca Juga: 9 Cara Menaikkan Tensi Darah Rendah Secara Alami dan Aman, Terapkan!

alasan tidak boleh kasar saat bangunkan orang tidur
Ilustrasi orang tidur. (Freepik)

Hipotensi Ortotastik

Hipotensi ortostatik disebut juga sebagai hipotensi postural, yaitu bentuk tekanan darah rendah yang terjadi ketika berdiri setelah duduk atau berbaring secara mendadak. Atau lebih simpelnya, tensi darah kita jadi turun setiap terjadi perubahan posisi secara mendadak dan cepat.

Dikutip melalui Mayo Clinic, kondisi ini bisa berdampak ringan pada sebgian orang namun, hipotensi ortostatik juga bisa berdampak lebih serius terhadap orang-orang dengan risiko kesehatan tertentu.

Baca Juga: 50 Orang Henti Jantung saat Pesta Halloween Itaewon, Ini Bedanya dengan Serangan Jantung

Hal-hal yang bisa terjadi akibat dampak dari hipotensi ortostatik ini seperti serangan jantung, merasa pusing yang luar biasa ketika berdiri, bahkan hingga menyebabkan kematian secara tiba-tiba.

Nah, karena sudah tahu apa itu hipotensi ortostatik, sekarang coba ubah cara kita kalau mau bangunin orang tidur. Pelan-pelan tapi pasti lebih aman daripada kasar-kasar sampai bikin kaget.

Baca Juga: Obat Vertigo Alami Paling Ampuh dari Bahan Herbal

Penulis: Jihan Rienita

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina Agustina
Indozone
JOIN US
JOIN US