The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Carpal Tunnel Syndrome yang Suka Bikin Tangan Sakit dan Kesemutan
Pergelangan tangan. (Pexels)
Health

Mengenal Carpal Tunnel Syndrome yang Suka Bikin Tangan Sakit dan Kesemutan

Sabtu, 03 Desember 2022 19:35 WIB 03 Desember 2022, 19:35 WIB

INDOZONE.ID - Pernah ngalamin tangan kesemutan ketika sedang bekerja? Jika iya, mungkin itu adalah bentuk Carpar Tunnel Syndrome (CTS). Ini adalah suatu kondisi jepitan saraf pada pergelangan tangan. Akibatnya, fungsi saraf jadi terganggu bahkan pada beberapa kasus yang lebih parah bisa mengakibatkan kelumpuhan total pada otot tangan. 

Tapi, kenapa saraf kita bisa terjepit?Jadi, saraf medianus yang terletak di dalam terowongan carpal, jika terlalu banyak berada di dalam terowongan tersebut maka tekanan akan meningkat atau isi terowongan yang lain ikut membesar. Hal ini memungkinkan risiko terjepitnya saraf-saraf.

Baca Juga: Sempat Alami Saraf Kejepit, Nikita Mirzani Beberkan Kondisinya Terkini

Untuk mengetahui apakah kamu mengalami CTS, maka kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Tinel Test: mengetuk bagian pergelangan tangan. Apabila muncul rasa seperti tersetrum pada tangan setiap kali diketuk, maka itu berarti positif mengalami CTS.
  • Phalen Test: Siku dan pergelangan tangan dipertahankan dalam posisi huruf T selama 60 detik. Jika kemudia merasakan kesemutan, itu berarti positif CTS.

Baca Juga: Neuropati Bisa Menyerang Siapa Saja, Kenali Perbedaan Kebas Biasa & Kebas Gangguan Saraf!

Jika sudah merasa ada gejala yang mengarah pada kondisi CTS, maka segerakan periksa ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lanjutan. Karena, jika kasusnya semakin parah dan semakin lama ditunda, fungsi saraf sering kali tidak bisa kembali seperti semula meski jepitannya sudah dihilangkan dengan operasi.

Baca Juga: Dokter Spesialis Bedah Saraf: Sunat Bisa Kurangi Resiko Kanker Serviks Pada Pasangan

Penulis: Jihan Rienita

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Indozone
M Fadli
Editor
Indozone
Writer
JOIN US
JOIN US