The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Keren! Startup Thailand Bikin Vaksin COVID-19 dari Tembakau, Sudah Uji Coba Fase Pertama
Ilustrasi tembakau. (freepik)
Health

Keren! Startup Thailand Bikin Vaksin COVID-19 dari Tembakau, Sudah Uji Coba Fase Pertama

Rabu, 19 Januari 2022 12:56 WIB 19 Januari 2022, 12:56 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah startup di Thailand mengembangkan vaksin COVID-19 berbasis tembakau.

Dilansir CNBC Internasional, perusahaan rintisan, Baiya Phytopharm tengah mengerjakan vaksin menggunakan tanaman tembakau Australia.

Dr Suthira Taychakhoonavudh dari Universitas Chulalongkorn yang juga pendiri Baiya Phytopharm mengatakan bahwa dia dan para ilmuwan ingin membuat perbedaan dalam mengubah Thailand dari pengimpor vaksin menjadi pembuat vaksin.

Baiya Phytopharm yang baru berusia tiga tahun itu telah menyelesaikan uji coba pada manusia fase satu dari vaksin COVID berbasis tanaman pada Desember tahun lalu.

Baca juga: Thailand Pertimbangkan Peniadaan Karantina bagi Turis Asing yang Sudah Divaksin

Dikutip dari IOL, Taychakhoonavudh menambahkan bahwa masih terlalu dini untuk memastikan tingkat kemanjuran dari vaksin nabati tersebut.

Perusahaan farmasi itu berharap bisa melakukan uji coba fase dua pada Februari dan uji coba fase ketiga dilakukan pada bulan Juni.

Mereka juga berharap bisa menyerahkan data kepada Administrasi Makanan dan Obat Thailand untuk persetujuan vaksin sekitar bulan Juli hingga Desember tahun ini.

Jika sudah mendapatkan persetujuan, perusahaan dengan cepat akan meningkatkan kapasitas produksinya.

Selain digunakan untuk membuat vaksin COVID, perusahaan Thailand itu telah lebih dulu menggunakan tanaman tembakau untuk mengembangkan obat anti kanker dan perawatan anti penuaan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
JOIN US
JOIN US