The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Manfaat dan Efek Makan Belatung, Hewan yang Lagi Viral Hinggap di Organ Intim Wanita
Ilustrasi belatung. (Pexels)
Health

Manfaat dan Efek Makan Belatung, Hewan yang Lagi Viral Hinggap di Organ Intim Wanita

Minggu, 16 Januari 2022 21:01 WIB 16 Januari 2022, 21:01 WIB

INDOZONE.ID - Belatung sedang ramai dibicarakan dalam beberapa jam terakhir sejak viral video persenggamaan yang menampilkan vagina wanita dihinggapi belatung.

Belatung pada dasarnya adalah larva dari lalat. Belatung sering ditemui pada buah, sayur, dan daging busuk atau bangkai. 

Terkadang, seseorang dapat memakan belatung, entah itu sengaja atau tak disengaja.

Lalu, apa dampaknya kalau kita makan belatung?

Ilustrasi belatung dan tangkapan video belatung di vagina yang viral. (Tangkapan layar YouTube)
Ilustrasi belatung dan tangkapan video belatung di vagina yang viral. (Tangkapan layar YouTube)

Menurut dr Riza Marlina, jika kamu memakan belatung dalam jumlah sedikit, kamu tidak perlu cemas karena belatung akan mati saat tiba di lambung karena asam yang ada di lambung.

"Saya sarankan banyaklah mengosnumsi air putih dan berhati-hati untuk makan makanan di luar dan jika masak saya sarankan dengan matang. Jadi anda tidak perlu merasa khawatir ya, namun bila setelah memakan itu anda menimbulkan gejala seperti sakit perut, mual muntah dan diare serta demam maka anda bisa segera menemui dokter untuk mendpaatkan penangan," katanya, dikutip dari alodokter.

Namun, jika makan belatung dalam jumlah banyak, ada bebarapa penyakit yang bisa timbul. Salah satunya adalah myiasis.

Dilansir hellosehat, myiasis adalah infeksi yang terjadi ketika belatung menggerogoti dan memakan jaringan hidup manusia atau hewan. Belatung yang termakan bisa hidup dan berkembang di dalam bagian tubuh mana pun, baik itu pada organ ataupun jaringan tubuh.

Semakin banyak jumlah belatung di dalam tubuh, maka akan semakin besar kemungkinan organ dalam yang terinfeksi. Sebagian besar kasus myiasis biasanya terjadi di bawah jaringan kulit. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau belatung juga dapat hidup di perut, usus, hingga mulut yang kurang dijaga kebersihannya.

Infeksi yang sudah memburuk bisa menimbulkan kerusakan serius pada jaringan dan organ tubuh.

Selain itu, belatung juga dapat menyebabkan orang yang memakannya keracunan. Ini karena belatung hidup di tempat yang busuk dan penuh kuman dan bakteri.

Selain itu, makan belatung juga bisa menyebabkan alergi, seperti masalah pernapasan, ruam (kemerahan) pada kulit, sensasi gatal di mulut, sakit perut, diare, muntah, pusing, dan gejala alergi lainnya.

Namun, belatung juga punya manfaat. Salah satunya dapat menyembuhkan luka infeksi. Demikian menurut hasil penelitian yang tertuang dalam Journal of Wound, Ostomy and Continence Nursing di Iran. Caranya adalah dengan melakukan terapi belatung.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
JOIN US
JOIN US