The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hati-Hati! 10 Hari Tak Olahraga, 4 Hal Ini Bisa Terjadi pada Otak Kamu
Ilustrasi olahraga. (Pixabay/roxanawilliams1920)
Health

Hati-Hati! 10 Hari Tak Olahraga, 4 Hal Ini Bisa Terjadi pada Otak Kamu

Rabu, 16 Maret 2022 20:16 WIB 16 Maret 2022, 20:16 WIB

INDOZONE.ID - Tidak semua orang memiliki kebiasan untuk berolahraga, padahal sudah jelas olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar lebih bugar.

Selain itu, olahraga juga berperan penting bagi kesehatan otak. Itu artinya tidak ada alasan untuk malas berolahraga jika tidak ingin hal buruk terjadi pada otak kamu.

Dilansir Real Simple, menurut Celina Nadelman, ahli cytopathologist, 10 hari tanpa olahraga dapat menyebabkan otak kita mulai kehilangan fungsi kognitif.

Baca juga: Studi: Olahraga Secara Teratur Turunkan Risiko Kematian, Sekalipun di Tempat Tercemar

Nah, berikut ini dampak buruk yang akan terjadi pada otak kamu jika tidak berolahraga.

1. Susah memecahkan masalah

Kurang berolahraga bisa membuat kita sulit memecahkan suatu masalah. Hal ini akan berdampak pada kehidupan sehari-hari, misalnya di tempat kerja.

“Aktivitas fisik meningkatkan fungsi kognitif melalui neuroplastisitas, serta meningkatkan sintesis dan ekspresi neuropeptida dan hormon,” kata Nadelman.

Tanpa olahraga, otak kita bisa terasa lamban dan lelah, sehingga sulit untuk mengumpulkan motivasi atau memecahkan masalah.

2. Selalu berpikir negatif

Psikolog Yvonne Thomas mengatakan bahwa olahraga membantu menghilangkan kelebihan dan menyediakan jalan keluar bagi kita untuk melepaskan emosi negatif.

Jadi, saat kamu tidak banyak bergerak otak kamu hanya akan dipenuhi dengan pemikiran negatif.

3. Otak sulit mengelola stres

Kurang berolahraga membuat otak sulit untuk mengola stres, ini membuat kamu kesulitan dalam menghadapi masalah. Tidak berolahraga dengan rutin otak kita melepaskan hormon stres, kortisol, sehingga lebih sulit untuk mengelola emosi kita secara efektif.

Dengan latihan aerobik, kita menurunkan reaktivitas neuroendokrin dan mengurangi respons biologis terhadap stres, sehingga secara alami kita merasa lebih tenang dan lebih terkendali.

4. Susah fokus

Meski kamu sudah sarapan, tidur cukup serta mendapatkan cairan yang cukup. Tapi, jika tidak berolahraga secara teratur kamu akan susah fokus. Jadi penting untuk berolahraga meski hanya sebentar.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US