The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bisa Picu Kanker Usus, Yuk Kurangi Konsumsi Minuman Manis dengan 3 Tips Ini
Ilustrasi minuman manis. (Freepik)
Health

Bisa Picu Kanker Usus, Yuk Kurangi Konsumsi Minuman Manis dengan 3 Tips Ini

Selasa, 25 Januari 2022 09:05 WIB 25 Januari 2022, 09:05 WIB

INDOZONE.ID - Konsumsi minuman manis dalam jumlah banyak dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus sebelum usia 50 tahun, menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat.

Dilansir The Guardian, para peneliti melaporkan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari satu liter minuman manis sehari dua kali lebih mungkin untuk didiagnosis menderita kanker usus dini dibandingkan mereka yang minum kurang dari setengah liter seminggu.

Tak hanya berkiatan dengan kanker usus, tapi konsumsi minuman manis secara berlebih dapat meningkatkan obesitas dan diabetes tipe-2.

Baca juga: Hati-Hati! Minuman Manis Berisiko Sebabkan Kanker Usus pada Wanita di Bawah Usia 50 Tahun

Sementara itu, beberapa ilmuwan yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan bahwa temuan itu bersifat tentatif karena hanya 109 wanita yang terdaftar dalam penelitian tersebut didiagnosis menderita kanker usus dini dari 95.000 wanita yang dianalisis.

Pada tahun 2019, sebuah penelitian besar di Prancis juga menemukan bukti bahwa minuman manis dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker.

Menurut penelitian, mengonsumsi minuman manis setiap hari berukuran 250ml, risiko terkena kanker usus sebelum usia 50 tahun meningkat sebesar 32%.

Itulah kenapa kita harus mengurangi konsumsi minuman manis secara berlebihan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kebiasaan minuman manis:

1. Pilih minuman manis yang lebih sehat

Minuman cokelat panas, smoothie buah dan sayur, jus buah tanpa gula, serta susu kedelai, merupakan jenis minuman memiliki rasa manis, tapi tetap menyehatkan. Jadi, kamu bisa mengganti minuman manis yang tidak sehat dengan minuman sehat berikut.

2. Biasakan minum air putih

Ketika kamu menginginkan minuman manis, cobalah untuk menggantinya dengan minum air putih. Meski tidak mudah, kamu harus bisa membiasakan diri untuk minum air putih.

3. Kurangi konsumsinya perlahan

Jika kamu memiliki kebiasaan minuman manis dan ingin mengurangi konsumsinya, kamu bisa mulai dengan perlahan, Awali dengan mengurangi jumlah gula yang digunakan saat membuat minuman, misalnya dari 1 sendok makan menjadi 1 sendok teh.

Nah, semoga beberapa tips tersebut dapat membantu!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Fitri
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US