The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Sampai Salah, Ini Perawatan Kulit yang Tepat untuk Anak
Pelembap untuk anak (CHILDREN FOR CHILDREN)
Health

Jangan Sampai Salah, Ini Perawatan Kulit yang Tepat untuk Anak

Perawatan kulit untuk anak.

Selasa, 12 Mei 2020 18:49 WIB 12 Mei 2020, 18:49 WIB

INDOZONE.ID - Perawatan kulit pada anak sebenarnya sudah dimulai sejak lahir. Orangtua terutama ibu harus memberikan produk perawatan sesuai dengan kelompok usia anak. Tak lupa memerhatikan kondisi kulit anak. Sebab jenis kulit pada masing-masing anak berbeda.

Menurut spesialis kulit-dermatologi pediatril, dr.Tina Wardhani Wisesa, Sp.KK (K), FINSDV, FAADV, masih banyak ibu yang belum memahami perawatan kulit kepada anak. Sebagian besar memakaikan berbagai macam produk perawatan yang sebenarnya tidak dibutuhkan anak dan malah bisa membuat tidak nyaman. Rangkaian produk itu digunakan hanya karena kenyamanan dari sekelilingnya.

"Jadi perhatikan kondisi kulit anak, apakah termasuk kulit yang sensitif atau tidak. Jangan terlalu banyak mengenalkan produk perawatan kulit ke anak," ujar dr Tina saat menjawab pertanyaan Indozone dalam suatu diskusi online, Selasa (12/5/2020).

Lebih lanjut dikatakan oleh dr Tina, setidaknya ada 3 produk utama yang harus digunakan oleh anak yaitu pembersihan, pelembap, dan pelindung. Ketiga produk perawatan ini dibutuhkan sejak anak masih bayi, balita, remaja, sampai anak beranjak dewasa.

Pelembap untuk anak
Ilustrasi pelembap untuk anak (WebMD)

Berbicara mengenai pelembap, dr Tina mengatakan anak sebaiknya diberikan pelembap berbahan dasar krim. Pelembap tersebut dapat lebih mudah meresap dan lebih awet pada anak. Pelembap berbahan dasar krim juga dapat mengganti minyak kulit alami yang melapisi kulit pecah-pecah dan juga membentuk lapisan pelindung.

"Dengan pelembap ini diharapkan kulit anak akan lebih baik dan memperbaiki bagian kulitnya, mencegah iritasi, mengurangi kulit kering dan bersisik, serta melembapkan dan melembutkan kulit. Untuk anak pelembap bisa digunakan sesering mungkin tergantung kebutuhan," ujar dr Tina.

Biasanya penggunaan pelembap pada anak dioleskan di daerah dada, punggung, tangan, dan kaki. Apabila anak hendak beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa gunakan pelindung dari sinar matahari. Selain itu kenakan baju yang menyerap keringat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US