The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Alasan Mengapa Penting Berolahraga Bagi Wanita Menderita PCOS dan PCOD
Alami Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) (Pexels/Polina Zimmerman)
Health

3 Alasan Mengapa Penting Berolahraga Bagi Wanita Menderita PCOS dan PCOD

Senin, 09 November 2020 12:19 WIB 09 November 2020, 12:19 WIB

INDOZONE.ID - Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) dan Penyakit Ovarium Polikistik (PCOD) selalu disertai dengan banyak gejala yang mengganggu secara fisik dan emosional.

Misalnya saja rambut rontok, jerawat, penambahan berat badan, dan menstruasi tidak teratur. Kesuburan tidak hanya mempengaruhi wanita secara fisik tetapi juga membahayakan kesehatan mental. Meskipun demikian, kondisi ini bisa dikelola dengan mengikuti diet dan olahraga.

Nah, dilansir dari Times of India berikut ini alasan kenapa wanita menderita PCOS dan PCOD harus berolahraga.

1. Berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan

Ketidakseimbangan hormon sering kali menyebabkan bertambahnya berat badan pada wanita. Sebagian besar lemak terakumulasi di sekitar area perut, yang meningkatkan risiko diabetes tipe-2 dan masalah kardiovaskular. Makan sehat dan berolahraga setiap hari dapat menjaga berat badan yang sehat.

2. Berolahraga dapat membantu meningkatkan mood

PCOD dan PCOS sering memengaruhi kesejahteraan emosional seseorang. Wanita yang menderita kondisi hormonal ini lebih rentan terhadap masalah mental seperti depresi. Dengan berolahraga selama 30 menit setiap hari dapat berdampak positif pada suasana hati dan dapat membantu mengelola pikiran negatif.

3. Meningkatkan kemungkinan hamil

Olahraga tidak hanya dapat membantu meringankan gejala, tapi juga meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi tingkat stres, yang semuanya dapat membantu meningkatkan kemungkinan hamil. Karena segala jenis aktivitas fisik dapat menurunkan kadar androgen dalam tubuh dan dapat mengatur menstruasi serta meningkatkan peluang hamil.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri
JOIN US
JOIN US