The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Cara Penggunaan Masker yang Benar pada Anak
Ilustrasi memakaikan masker pada anak. (Pexels/August de Richelieu)
Health

Ini Cara Penggunaan Masker yang Benar pada Anak

Simak, Moms!

Sabtu, 28 November 2020 13:08 WIB 28 November 2020, 13:08 WIB

INDOZONE.ID - Di situasi pandemi virus corona, penggunaan masker tidak hanya perlu dilakukan orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

Dokter spesialis anak dr. Noor Anggrainy mengatakan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan masker dipakai oleh anak di atas usia dua tahun.

"Kalau anak itu lebih dari 2 tahun, direkomendasikan penggunaan masker dan face shield," ujar dr. Noor dikutip dari Antara, Sabtu (28/11/2020).

Jenis masker yang bisa digunakan oleh anak boleh terbuat dari kain selama terdiri dari tiga lapis. Si kecil yang tidak memiliki penyakit kronis, tidak menderita kanker atau menjalani pengobatan dengan kemoterapi diperbolehkan memakai masker kain.

"Ukuran maskernya juga harus benar. Hidung, mulut dan dagu harus tertutup," jelasnya.

Sementara itu, anak yang punya sistem kekebalan tubuh lemah (immunocompromised) direkomendasikan untuk melindungi diri dengan memakai masker bedah. Setelah memakai masker, anak juga direkomendasikan menambah perlindungan dengan pelindung wajah (face shield). Dia mengingatkan, penggunaan pelindung wajah juga harus benar agar fungsinya bisa berjalan.

BACA JUGA: Ini Dua Wadah Khusus Masker di Tas yang Disarankan Dokter, Simak!

"Sama seperti masker, harus menutupi sampai dagu. Kadang ada beberapa face shield yang hanya tertutup sampai mulut. Face shield yang benar itu harus sampai di bawah dagu," lanjutnya.

Selain masker, alternatif perlindungan untuk anak usia di bawah dua tahun adalah pelindung wajah, atau pelindung yang dipasang pada kereta dorong.

"Tapi harus dengan syarat pengawasan ketat oleh orangtua atau pengasuh selama penggunaan shield atau penutup tersebut," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US