Selain Tiongkok, Ini 3 Negara yang Sudah Terserang Virus Korona
Virus (Pixabay/Arek Socha)
Health

Selain Tiongkok, Ini 3 Negara yang Sudah Terserang Virus Korona

Selasa, 21 Januari 2020 19:00 WIB 21 Januari 2020, 19:00 WIB

INDOZONE.ID - Virus korona seperti Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang menyebar di Tiongkok dan tiga negara Asia lainnya bisa menular dari manusia ke manusia. Hal ini diungkapkan pemerintahan Tiongkok jelang pertemuan darurat yang akan digelar oleh World Health Organization (WHO).

Pertama kali ditemukan di Wuhan, kemudian kewaspadaan ini menyebar karena berhubungan dengan SARS yang pernah merenggut nyaris 650 orang di Tiongkok dan Hong Kong pada 2002-2003.

Saat ini totol yang sudah terjangkit virus ini mencapai 218 orang. Beijing dan Shanghai mengonfirmasi pertama kali terjangkit wabah ini. Dan 136 orang yang terjangkit ditemukan di Wuhan.

Penularan virus ini diduga dari pasar makanan laut di Wuhan. Meski demikian ilmuwan terkenal dari Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok  Zhong Nanshan, mengatakan bahwa virus korona dapat menular meski kita tidak mengunjungi kota tersebut.

Zhong juga mengatakan sudah terdapat dua  pasien yang terinfeksi dari anggota keluarga yang telah mengunjungi Wuhan.

"Saat ini, dapat dikatakan itu telah disetujui bahwa ada fenomena penularan dari manusia ke manusia," kata Zhong saat diwawancara media Tiongkok, CCTV, dikabarkan AFP.

Sebelumnya WHO juga sudah mengatakan bahwa sumber utama dari penyebaran virus korona adalah hewan.

Selain Tiongkok virus korona juga sudah menyebar di Korea Selatan, Jepang, dan juga Thailand.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU