The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bikin Cepat Tidur, Ini 5 Langkah Mudah Atasi Insomnia
Ilustrasi wanita insomnia. (Pexels/Craig Adderley)
Health

Bikin Cepat Tidur, Ini 5 Langkah Mudah Atasi Insomnia

Hanya dua menit.

Selasa, 28 April 2020 20:56 WIB 28 April 2020, 20:56 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa orang mungkin kini ada yang mengalami masalah kesulitan tidur atau insomnia. Entah karena jadwal tidur yang berantakan akibat keasyikan melakukan sesuatu atau karena dilanda stres pekerjaan maupun masalah lainnya. Padahal, insomnia dapat mendatangkan masalah lain.

Kurang tidur akibat insomnia dapat menyebabkan perasaan tidak tenang, lesu, penurunan suasana hati, masalah memori, konsentrasi yang buruk, hingga menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Berbicara soal sistem kekebalan tubuh, di tengah pandemi virus corona (Covid-19) seperti sekarang ini, sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Tujuannya tentu agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Salah satu cara mudah menjaga daya tahan tubuh adalah tidur dengan waktu cukup. Oleh karenanya, bagi mereka yang memiliki insomnia, sangat penting untuk mengatasi gangguan tidur ini. Tidak perlu harus selalu meminta bantuan profesional untuk mencari jalan keluar kok.

Bikin Cepat Tidur, Ini 5 Langkah Mudah Atasi Insomnia
Ilustrasi wanita insomnia. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Melansir Pink Villa, Selasa (28/4/2020), ada 5 langkah mudah untuk mengatasi insomnia hanya dalam waktu dua menit. Apakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Langkah pertama, pijatlah bagian atas jempol kaki dengan gerakan memutar dan sedikit menekan selama beberapa detik. Cara ini akan membantu mengatur produksi hormon tidur yang disebut melatonin.
  2. Kemudian, ubah arah memijat jempol. Setelah memutar, kali ini pijat dari arah bawah ke atas dengan sedikit tekanan. Cara ini akan membantu menenangkan pikiran. 
  3. Selanjutnya, pijat bagian tengah kaki. Posisikan jempol dan telunjuk tangan berada di bagian punggung dan telapak kaki. Lalu pijat ke atas dan beri tekanan pada footpad. Pijatan ini akan membantu pikiran dan tubuh lebih rileks sehingga membantu untuk tidur.
  4. Setelah gerakan dari bawah ke atas, pijat bagian tengah kaki dengan gerakan memutar. Cara ini akan membantu melepaskan ketegangan tubuh.
  5. Terakhir, tekan dan buat gerakan melingkar pada bagian tengah kaki. Gerakan ini membantu pikiran untuk tenang. Selain itu, bisa juga menarik dan memijat dengan lembut setiap jari kaki.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US