The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Melakukan Diet Juga Mencegah Penyakit Stroke dan Jantung, Lho!
Ilustrasi Diet. (Photo/Ilustrasi/Unsplash/@louishansel)
Health

Melakukan Diet Juga Mencegah Penyakit Stroke dan Jantung, Lho!

Senin, 18 Januari 2021 14:42 WIB 18 Januari 2021, 14:42 WIB

INDOZONE.ID - Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan.
Faktanya, hingga 80 persen penyakit jantung dan stroke dapat dicegah melalui kebiasaan hidup, seperti makan makanan yang sehat dan aktif secara fisik.

Baca Juga : Pentingnya ASI Sejak Awal Kelahiran Bayi, Tidak Hanya Mencegah Stunting

Pola makan yang sehat memiliki beberapa manfaat. Mulai dari menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, mengurangi tekanan darah, membantu mengatur berat badan, dan juga mengontrol gula darah.

Berikut tips diet yang dapat mencegah penyakit stroke dan jantung, dikutip dari Heartandstroke:

1. Perbanyak makan buah dan sayur

Sayuran dan buah mengandung nutrisi berupa antioksidan, vitamin, mineral dan serat yang membantu menjaga berat badan serta membuat perut kenyang lebih lama.

2. Memilih karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung gandum utuh termasuk roti gandum, oatmeal, dan sereal memiliki serat, protein, dan vitamin B untuk membantu tetap sehat dan kenyang lebih lama.

3. Makan makanan berprotein

Protein membantu membangun dan memelihara tulang, otot, dan kulit.

Selain itu, produk susu adalah sumber protein yang bagus. Pilih susu rendah lemak dan tanpa rasa agar tidak menaikkan berat badan.

4. Membatasi makanan cepat saji

Makanan cepat saji adalah makanan yang diolah dari sumber makanan aslinya dan memiliki banyak bahan tambahan. Selama pemrosesan, seringkali nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan serat dihilangkan, sementara garam dan gula ditambahkan.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan kalori yang berujung pada obesitas.

5. Perbanyak minum air putih

Air putih dapat menurunkan berat badan karena meningkatkan hidrasi tanpa menambahkan kalori ke dalam makanan. Air putih juga bagus untuk menurunkan risiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker, serta mengurangi kadar stres.

TAG
JOIN US
JOIN US