The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penderita Kolesterol Diwajibkan Mengonsumsi Buah-buahan Ini!
Ilustrasi Buah-buahan. (Photo/Ilustrasi/Freepik)
Health

Penderita Kolesterol Diwajibkan Mengonsumsi Buah-buahan Ini!

Selasa, 26 Januari 2021 14:55 WIB 26 Januari 2021, 14:55 WIB

INDOZONE.ID - Para penderita kolesterol memang sedikit sulit untuk melahap makanan yang ada. Sebab, apabila tidak berhati-hati memciu kenaikan kolesterol yang memengaruhi kerja organ tubuh.

Kelebihan kolesterol dapat memicu risiko penyakit jantung. Dan salah satu cara terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang tinggi akan serat serta mengandung banyak nutrisi.

Dilansir dari Livestrong, berikut buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol:

1.  Apel

Apel mengandung serat yang tentunya banyak memiliki manfaat. Menurut Mayo Clinic, buah ini telah terbukti dapat menurunkan tingkat lipoprotein densitas rendah.

 Baca Juga: Benarkah Minum Susu Sapi Dapat Tingkatkan Kolesterol?

Lipoprotein densitas rendah dianggap sebagai kolesterol jahat karena dapat membentuk endapan di arteri. Jika sudah mengendap seperti itu, nantinya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Buah Beri

Sejumlah penelitian menemukan bahwa stroberi, blueberi, dan keluarga beri lainnya dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Sebuah studi yang dilakukan oleh A. Basu dan koleganya di Oklahoma Sate University pada tahun 2009 melakukan penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam “Nutrition Journal”.

Mereka menemukan bahwa wanita yang makan bubuk stroberi kering beku dalam minuman dinilai mampu menurunkan LDL dan kadar kolesterol. Penurunan tersebut bisa terjadi secara siginifikan hanya dalam waktu empat minggu.

3. Jus Jeruk

Banyak jenis jeruk yang diperkaya dengan sterol tumbuhan, menurut Mayo Clinic zat tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 10 persen.

Jus jeruk juga telah terbukti dalam studi klinis yang dapat meningkatkan HDL atau kadar kolesterol baik. tingkat HDL yang tinggi tentu baik untuk kesehatan karena HDL dapat membantu memindahkan kolesterol keluar dari arteri dan kembali ke hati untuk selanjutnya dibuang.

TAG
Ferry Andika
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US