The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tambahkan Jamur ke Dalam Makanan, Berikut Ini 4 Manfaat Kesehatan yang Diperoleh
Jamur (freepik)
Health

Tambahkan Jamur ke Dalam Makanan, Berikut Ini 4 Manfaat Kesehatan yang Diperoleh

Kamis, 26 November 2020 10:53 WIB 26 November 2020, 10:53 WIB

INDOZONE.ID - Jamur banyak jenisnya, misalnya saja tiram, shiitake, enoki, shimeji, portobello dan porcini. Karena bisa disajikan dalam berbagai bentuk, jamur banyak disukai.

Dilansir dari News 18, menurut Harvard T. H. Chan School of Public Health, semua jenis jamur rendah kalori dan lemak, tetapi mengandung serat makanan dalam jumlah sedang.

Jamur sangat bermanfaat bagi kesehatan, berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari jamur:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jamur kaya akan nutrisi, sehingga makan jamur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dan fitokimia dalam jamur memberikan sifat anti-inflamasi, antibakteri dan antijamur, yang selanjutnya membantu mencegah infeksi dan penyakit musiman.

2. Mencegah penyakit jantung

Jamur dikemas dengan protein nabati tanpa lemak dan memiliki jumlah kalori dan lemak yang sangat rendah. Selain itu jamur juga mengandung ribonukleotida glutamat, tidak hanya memberikan rasa asin, sehingga membuat kita tak lagi perlu menambahkan garam. Ini membantu mengontrol tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung dan pada akhirnya mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan tulang

Jamur mengandung vitamin D, kalsium, kalium dan fosfor, semua nutrisi ini membantu membangun tulang dan menjaga tetap sehat. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi jamur dalam makanan secara teratur dapat membantu mencegah penyakit terkait tulang seperti osteoporosis, nyeri tulang, dan bahkan degenerasi tulang.

4. Meningkatkan pencernaan

Jamur mengandung polisakarida, yang merupakan nutrisi yang juga berperan sebagai prebiotik. Prebiotik adalah senyawa yang mendorong pertumbuhan bakteri usus. Sehingga konsumsi jamur akan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Muhammad Alfath Ishari
Fitri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US