The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sering Masuk Angin? Ini 3 Hal yang Mungkin Terjadi pada Tubuhmu
Ilustrasi sakit perut. (Healthline)
Health

Sering Masuk Angin? Ini 3 Hal yang Mungkin Terjadi pada Tubuhmu

Kok bisa?

Rabu, 28 Oktober 2020 10:50 WIB 28 Oktober 2020, 10:50 WIB

INDOZONE.ID - Apakah kamu pernah mendengar seseorang mengeluh kalau ia sedang mengalami masuk angin? Banyak orang menganggap masuk angin benar-benar diakibatkan oleh angin yang masuk ke dalam tubuh. Padahal, masuk angin adalah suatu gejala penyakit yang tidak spesifik. 

Masuk angin sebenarnya tidak dikenal dalam dunia medis. Sama seperti tidak enak badan, masuk angin tidak merujuk pada suatu kondisi penyakit tertentu, melainkan sebuah kumpulan gejala dari beberapa penyakit lainnya. Bahkan, masuk angin biasanya dapat disembuhkan sendiri tanpa perlu ke dokter.

Berikut ini adalah gejala yang mengarah pada penyakit lainnya yang mungkin sebenarnya kamu rasakan saat sedang masuk angin.

1. Sering Bersendawa atau Buang Angin

Masuk angin
Ilustrasi sakit perut. (Pexels/Polina Zimmerman)

Umumnya pada saat masuk angin, seseorang akan merasakan kondisi perut kembung, kencang dan sesak. Hal ini ditandai dengan kondisi perut yang membesar dan keras, serta intensitas sendawa dan buang angin yang semakin meningkat. Akibatnya, banyak orang menganggap penyebab kondisi tersebut adalah angin yang masuk ke dalam tubuh.

Bersendawa dan buang angin memang disebabkan oleh gas yang ada di dalam tubuh. Namun, bukan berarti hal tersebut disebabkan oleh angin yang berada di luar tubuh. Kondisi ini mungkin terjadi ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda atau alkohol, mengonsumsi makanan dalam penghasil gas, makan dalam jumlah banyak, atau akibat tukak lambung.

2. Alami Batuk, Pilek, dan Demam

Ini yang terjadi pada tubuh saat masuk angin
Ilustrasi pilek. (Pexels/Polina Tankilevitch)

Saat kamu merasakan nyeri tubuh yang ringan, kamu akan menganggap ini adalah masuk angin. Padahal, hal yang terjadi pada tubuhmu merupakan gejala flu. Biasanya hal ini terjadi bersamaan dengan batuk, pilek, hingga demam yang mungkin disebabkan oleh rhinovirus. Gejala ini sering terjadi pada saat kamu berada dalam kondisi suhu rendah atau dingin. Sehingga, tak heran jika hal ini dianggap sebagai masuk angin.

3. Mual dan Muntah

Ini yang terjadi pada tubuh saat masuk angin
Ilustrasi sakit perut. (Medicalnewstoday)

Ketika sedang masuk angin, tak jarang kamu juga merasakan mual dan muntah. Hal ini biasanya disebabkan oleh kondisi lambung yang sedang dalam kondisi tidak sehat. Namun, ternyata hal ini juga bisa menjadi gejala dari penyakit yang lebih serius.

Muntah bisa terjadi ketika seseorang mungkin telah mengalami penyumbatan pada pembuluh darah. Sehingga, membuat fungsi jantung mengalami penurunan dan memberikan refleks muntah. Kondisi ini berbahaya jika tidak segera ditangani karena berakibat fatal.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US