The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bolehkan Minum Kopi setelah Divaksin COVID-19?
Ilustrasi kopi. (Freepik)
Health

Bolehkan Minum Kopi setelah Divaksin COVID-19?

Tak berpengaruh.

Jumat, 21 Januari 2022 12:15 WIB 21 Januari 2022, 12:15 WIB

INDOZONE.ID - Para pecinta kopi mungkin masih ada yang bertanya-tanya, bolehkah meminum kopi setelah divaksin COVID-19? Beberapa di antara mereka mengkhawatirkan efek samping yang akan dirasakan setelah meneguk kopi.

Efektivitas vaksin COVID-19 disebut tidak terpengaruh oleh sesuatu yang dikonsumsi seseorang. Sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa meminum kopi setelah divaksin bisa menimbulkan efek samping.

Baca juga: Berikut Lima Vaksin yang Dapat Izin BPOM Sebagai Booster

Kopi justru memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh jika dikonssumsi secara rutin. Kopi mengandung zat antioksidan tinggi yang bisa membantu tubuh untuk menangkal penyakit serta dapat menjaga imunitas tubuh.

Namun, ketimbang meminum kopi, orang yang habis divaksin disarankan untuk memperbanyak minum air putih. Efek samping yang paling umum dari vaksin COVID-19 adalah nyeri otot, kelelahan sakit kepala dan demam.

Dikutip dari laman UNICEF, dengan banyak minum air putih, tubuh akan terhidrasi dengan baik, tidak hanya akan mencegah dari rasa sakit tapi juga mampu mempersingkat durasi dan intensitas efek samping.

Setelah divaksin juga disarankan memperbanyak istirahat dan tidur yang cukup 7 sampai 8 jam. Sebab, kurang tidur justru bisa mengakibatkan penurunan kekebalan karena tubuh membangun kembali mekanisme pertahannnya selama tidur.

Adapun yang harus dihindari setelah melakukan vaksin COVID-19 yaitu menghindari alkohol dan tembakau. Meskipun tidak ada studi ilmiah yang disetujui yang mengukur efek alkohol atau merokok pada vaksinasi, disarankan untuk menghindari dua kandungan tersebut karena dapat memperburuk.

Alkohol juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif dan ada kemungkinan respon imun terhadap vaksin tidak efektif karena ada alkohol. Hal ini juga berlaku untuk tembakau.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Dina
Dina

Dina

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US