The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan Masker Kain, Ini 3 Jenis Masker yang Ampuh Tangkal Varian Omicron
Masker Masker KN95 (Unsplash/eugenio chiappini)
Health

Bukan Masker Kain, Ini 3 Jenis Masker yang Ampuh Tangkal Varian Omicron

Selasa, 18 Januari 2022 18:10 WIB 18 Januari 2022, 18:10 WIB

INDOZONE.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut masker kain tidak lagi efektif untuk menangkal virus COVID-19 varian Omicron. Masker kain memiliki ketahan yang lemah bahkan terhadap varian Delta yang dinilai tidak seganas Omicron.

"Omicron adalah virus yang sangat menular, mungkin patogen paling menular di bumi. Masker kain hampir tidak melindungi seseorang diri dari virus Omicron. Melawan Delta saja, masker kain hanya sekitar 20 hingga 30 persen efektif. Dan tentu saja dengan Omicron, efektivitasnya dapat diabaikan," tutur Profesor hukum kesehatan global Universitas Georgetown dan Direktur WHO untuk Hukum Kesehatan Global, Lawrence Gostin, seperti yang dikutip Indozone dari ABC News, Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Masker Kain Disebut Tak Efektif Lagi Tangkal Omicron, Ini Alasannya

Kabar tidak efektifnya masker kain membuat masyarakat harus berganti masker. Lantas masker apakah yang efektif menangkal varian Omicron?

Mengutip dari laman web University of Utah Health, Profesor kesehatan kerja dan lingkungan di University of Utah Health, Jeremy Biggs, MD, MSPH menyebut masker N95 dan KN95 lebih baik untuk semua varian COVID-19.

Selain itu masker tersebut juga sangat nyaman dipakai sebab memiliki bentuk yang lebih pas di wajah daripada masker bedah. Bahannya juga menyaring lebih banyak partikel sehingga udara yang masuk ke dalam masker tersaring lebih baik.

Sejalan dengan itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI, dr Siti Nadia Tarmizi juga menyebut masker yang paling efektif adalah N95 dan KN95. 

Namun Kemenkes tetap mengizinkan penggunaan masker kain, tetapi dengan syarat harus didobel dengan masker bedah. 

Jadi 3 rekomendasi masker melawan Omicron menurut Kemenkes RI yaitu: masker N95, masker KN95, dan masker dobel (penggunaan masker kain, dilapisi dengan masker bedah).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US