Virus Korona Mulai Menyebar ke Thailand, Vietnam, hingga Singapura
Ilustrasi Virus. (photo/Unsplash/CDC)
Health

Virus Korona Mulai Menyebar ke Thailand, Vietnam, hingga Singapura

Vietnam konfirmasi ada 2 orang yang kena virus Korona

Jumat, 17 Januari 2020 15:39 WIB 17 Januari 2020, 15:39 WIB

INDOZONE.ID - Virus Korona menyebar ke seluruh dunia sejak ditemukan di Wuhan, China pada Desember 2019.

Beberapa negara Asia telah mengumumkan bahwa mereka memiliki pasien yang diduga atau dikonfirmasi memiliki kasus virus korona baru dan sepertinya penyakit ini mulai menyebar di sekitar Asia Tenggara.

Menurut Bloomberg, Vietnam menjadi salah satu negara terbaru yang diduga memiliki kasus virus Wuhan.

Mereka telah mengisolasi dan mengkarantina dua pengunjung China dari kota Wuhan setelah mereka mendarat di Bandara Internasional Danang pada hari Selasa (14 Januari) sebagai tindakan pencegahan.

Kementerian Kesehatan Vietnam mengatakan bahwa dua pria yang datang menunjukkan gejala seperti demam. Kementerian mengatakan bahwa mereka telah mengirim tim ke kota dan mengadakan pertemuan darurat untuk membahas langkah-langkah pencegahan penyebaran virus misterius di negara itu.

Mengutip Worldofbuzz, Jumat (17/1/2020), setelah virus ini dikonfirmasi ada di Jepang, Otoritas kesehatan di Thailand dan Singapura juga mengonfirmasi bahwa mereka memiliki kasus serupa terkait virus Wuhan di negara mereka.

Seperti diketahui virus yang berasal dari Pasar Grosir Makanan Laut Wuhan Huanan telah menyebabkan wabah dan telah dibandingkan dengan sindrom pernafasan akut yang parah, atau SARS karena keduanya disebabkan oleh virus yang sama tetapi strain yang berbeda.

Gejala-gejalanya termasuk merasa seperti Anda menderita flu biasa karena menginfeksi hidung, sinus, atau tenggorokan bagian atas. Saat ini, tidak jelas bagaimana virus baru ditularkan tetapi beberapa ahli percaya bahwa itu ditularkan dari hewan ke manusia karena ada banyak hewan hidup liar yang dijual di pasar.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum mengesampingkan kemungkinan penularan dari manusia ke manusia meskipun kemungkinannya terbatas, mengingat tidak ada petugas kesehatan yang merawat pasien yang tertular penyakit ini. Itu karena ada kasus di mana beberapa orang yang terinfeksi mengatakan mereka tidak memiliki paparan ke pasar.

Karena Tahun Baru China sudah dekat, hal ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi dunia lantaran bisa menjadi endemi global lantaran jutaan orang China akan bepergian ke banyak negara dalam menyambut tahun baru China.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Ade Indra
Ade Indra

Ade Indra

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU