The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penyebab Pendarahan Otak yang Wajib Diwaspadai,  Salah Satunya Kebiasaan Ngeden
Ilustrasi pendarahan di otak. (Pixabay)
Health

Penyebab Pendarahan Otak yang Wajib Diwaspadai, Salah Satunya Kebiasaan Ngeden

Minggu, 26 September 2021 16:52 WIB 26 September 2021, 16:52 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa waktu lalu, dunia hiburan tanah air sempat dihebohkan dengan kabar dari komedian Tukul Arwana, di mana ia mengalami pendarahan otak

Pendarahan otak bukan hanya disebabkan oleh cedera kepala akibat benturan keras, melainkan juga bisa diakibatkan oleh berbagai kondisi gangguan kesehatan.

Tak cuma itu saja, bahkan pendarahan otak bisa terjadi saat seseorang melakukan aktivitas ngeden, di mana kondisi itu banyak dilakukan orang saat buang air besar.

Dikutip dari Healthline, Minggu (26/9), sebuah studi di jurnal 'Stroke American Heart Association' menyebutkan beberapa hal yang menyebabkan terjadinya aneurisma atau pendarahan di otak yakni ngeden saat buang air besar, minum soda atau kopi, olahraga berlebihan serta terlalu sering marah.

Pendarahan otak sendiri bisa menyerang siapa saja. Namun berdasarkan laporan The Brain Aneurysm Foundation,  orang yang paling sering terkena pendarahan otak adalah mereka yang berumur 35-60 tahun.

Disebutkan juga jika wanita lah yang paling sering mengalami pendarahan otak ketimbang laki-laki. Hal itu karena kadar estrogen atau hormon yang berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan karakteristik seksual wanita menjadi rendah setelah menopause.

Beberapa faktor lainnya yang membuat seseorang bisa terkena pendarahan otak, yakni:

1. Cedera kepala

2. Penyalahgunaan alkohol

3. Usia yang lebih tua

4. Penyalahgunaan narkoba, terutama kokain

5. Tekanan darah tinggi

6. Kelainan pembuluh darah

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Silvia Marissa
Zega

Zega

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US