The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Selebriti yang Idap Bipolar, Gangguan Mental yang Sebabkan Perubahan Mood Ekstrem
Rachel Vennya. (Instagram/@rachelvennya) / Medina Zein. (Instagram/@medinazein)
Health

4 Selebriti yang Idap Bipolar, Gangguan Mental yang Sebabkan Perubahan Mood Ekstrem

Perubahan mood dalam hitungan jam.

Kamis, 27 Januari 2022 12:40 WIB 27 Januari 2022, 12:40 WIB

INDOZONE.ID - Bipolar disorder merupakan gangguan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati atau mood yang ekstrem.

Orang yang mengidap bipolar bahkan bisa mengalami perubahan mood dalam hitungan jam. Orang dengan gangguan bipolar bisa sangat bahagia lalu berubah menjadi sangat sedih.

Namun, tidak semua orang mau mengungkapkan secara terang-terangan mengenai kondisi mental yang dialaminya karena malu.

Meski demikian, ada beberapa orang yang tidak malu mengakui bahwa dirinya mengidap bipolar. Seperti yang dialami beberapa selebriti ini.

Baca juga: Megalomania Ada Kaitannya dengan Skizofrenia dan Bipolar, Berikut Gejala dan Pengobatannya

Di balik popularitas, mereka harus berjuang menghadapi bipolar. Berikut selebriti-selebriti yang mengidap bipolar:

1. Marshanda

selebriti yang idap bipolar
Marshanda. (Instagram/@marshanda99)

Marshanda didiagnosis bipolar disorder tipe 2 pada 2009 silam. Karena penyakit tersebut, ia harus minum obat-obatan dari dokter. Butuh waktu cukup lama bagi Marshanda untuk mengungkapkan mengenai kondisinya. Namun, pada akhirnya ia mulai bisa menerima dirinya.

Kondisinya kemudian berangsur stabil setelah rutin konsultasi ke psikiater. Meski sampai saat ini gangguan tersebut masih ia alami, namun Marshanda sudah bisa mengendalikannya karena ia sudah berdamai dengan keadaan.

2. Medina Zein

selebriti yang idap bipolar
Medina Zein. (Instagram/@medinazein)

Medina Zein beberapa waktu lalu sempat mengaku bahwa dirinya adalah pengidap bipolar tipe 2. Gangguan kesehatan mental tersebut diketahui sudah dialami oleh Medina sejak tahun 2016 lalu.

Medina mengatakan bahwa ia selama ini kontrol ke psikiater selama 2 minggu sekali dan mengaku tidak bisa lepas dari obat tersebut. Menurutnya, jika tidak mengonsumsi obat tersebut depresinya akan semakin parah.

3. Mariah Carey

selebriti yang idap bipolar
Mariah Carey. (Instagram/@mariahcarey)

Mariah Carey pertama kali didiagnonis bipolar pada tahun 2001. Ia mengaku sudah 17 tahun mengidap penyakit bipolar. Gangguan mental tersebut sampai membuatnya harus dirawat di rumah sakit.

Untuk mengatasi gangguan bipolar yang menyebabkan dirinya mengalami depresi tersebut, Mariah Carey melakukan terapi dan minum obat yang diresepkan dokter. Adapun yang dirasakan Mariah Carey selama menjadi pengidap bipolar yaitu jadi mudah marah dan selalu takut mengecewakan orang.

4. Rachel Vennya

selebriti yang idap bipolar
Rachel Vennya. (Instagram/@rachelvennya)

Rachel Vennya mengaku bahwa dirinya sudah lama berjuang dengan penyakit mental bipolar yang diidapnya. Kondisi kesehatan mental yang parah tersebut membuat Rachel Vennya pernah hampir bunuh diri. Momen tersebut terjadi pada tahun 2013.

Merasa ada yang salah pada Rachel Vennya, keluarga pun membawa Rcahel untuk berobat ke RS Jiwa dan di situlah ia dinyatakan mengidap bipolar disorder. Namun, seiring berjalannya waktu, setelah konsultasi ke dokter, kondisinya pun semakin terkontrol.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dina
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US