The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

 Jenis-Jenis Olahraga yang Dapat Mengecilkan Paha, Apa Saja?
Ilustrasi paha membesar (freepik.com)
Health

Jenis-Jenis Olahraga yang Dapat Mengecilkan Paha, Apa Saja?

Jangan biarkan lemak menumpuk

Selasa, 14 Juni 2022 11:21 WIB 14 Juni 2022, 11:21 WIB

INDOZONE.ID - Ketika berat badan bertambah, salah satu bagian tubuh yang cukup banyak menyimpan lemak adalah paha. Ketika paha membesar, tentu hal ini akan mengganggu penampilan. 

Maka itu, tak jarang beberapa hal dilakukan untuk mengecilkan paha ini. Salah satunya dengan berolahraga. Berikut ini beberapa olahraga untuk mengecilkan paha yang dapat kamu lakukan. 

Simak yuk! 

Olahraga Mengecilkan Paha dengan Beraktivitas

olahraga mengecilkan paha
Ilustrasi berlari untuk membakar lemak paha (freepik.com)

Membakar lemak pada paha dibutuhkan kegiatan yang membebankan aktivitas pada kaki dan sekitarnya. Nah, beberapa olahraga ini dilakukan dengan aktivitas demikian. Berikut daftarnya. 

1. Lari 

Tak dapat dipungkiri, lari menjadi salah satu olahraga mengecilkan paha yang cukup ampuh membakar lemak. Saat berlari, bagian kaki banyak bergerak sehingga lemak pun akan terbakar dengan sendirinya. 

2. Bersepeda 

Tak jauh berbeda dengan lari, bersepeda juga dapat membakar lemak pada paha. 

Olahraga mengecilkan paha ini dilakukan denga mengayuh pedal sepeda sehingga otot-otot pada kaki akan dengan perlahan terbentuk dan mengecilkan lemak

Olahraga Mengecilkan Paha dengan Squat

olahraga mengecilkan paha
Ilustrasi squat (freepik.com)

Adapun olahraga mengecilkan paha dengan melakukan squat. Pada dasarnya, squat cukup ampuh dalam mengecilkan paha. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa tipe squat berikut ini. 

1. Squat 

Squat merupakan olahraga mengecilkan paha yang memberikan beban pada paha. Olahraga ini dilakukan dengan posisi setengah duduk dan menjadikan paha tumpuan untuk menahan beban tubuh. 

Maka itu, selain dapat mengecilkan paha, olahraga ini juga dapat mengencangkan otot paha. Pastikan melakukan squat dengan posisi benar dan dilakukan selama 10 kali per satu set. 

2. Jump Squat 

Tak jauh berbeda dengan gerakan squat sebelumnya yang menjadikan paha tumpuan tubuh, jump squat dilakukan dengan melompat dan melebarkan kaki hingga sejajar dengan bahu, lalu melompat dan menapakan lagi dengan posisi squat sebelumnya. 

Jump squat dapat dilakukan minimal 20 kali dalam sehari. Pastikan lakukan dengan benar dan secara rutin agar paha dapat lebih kecil dengan cepat. 

3. Pile Squat 

Adapun gerakan squat lainnya, yaitu pile squat yang memposisikan tubuh dengan gerakan ujung jari kaki sedikit mengarah keluar. 

Olahraga mengecilkan paha ini tidak harus dilakukan dengan menahan tubuh dengan posisi setengah duduk, tetapi dengan gerakan naik-turun seperti orang sedang balet. 

Olahraga Mengecilkan Paha di Atas Matras 

olahraga mengecilkan paha
Ilustrasi gerakan side lunges (freepik.com)

Tak hanya dengan beberapa olahraga di atas, adapun olahraga mengecilkan paha lainnya yang dilakukan di atas matras. Berikut ini beberapa gerakannya. 

1. Criss-cross Scissors

Gerakan yang pertama yang bisa kamu lakukan di atas matras untuk mengecilkan paha adalah dengan melakukan gerakan Criss-Cross Scssors. 

Gerakan ini dilakuakan dengan posisi tidur, lalu mengangkan kedua kaki di atas matras dan menyilangkan kedua kaki bergantian seperti gunting. 

Pastikan punggung bawah menempel pada matras pada saat melakukan gerakan ini. 

2. Bridge Butterfly 

Selain Criss-cross, adapun olahraga mengecilkan paha lainnya yang dapat dilakukan dengan berbaring, yaitu gerakan Brifge Butterfly

Gerakan ini, selain baik untuk membakar lemak paha, juga baik untuk pembentukan otot perut. 

Jika kamu ingin melalukan Bridge Butterfly, posisikan tubuhmu berbaring, lalu letakkan tangan di samping dan tekuk sedikit kaki, lalu angkat bokong. 

Setelah itu, secara bergantian angkat salah satu kaki dan pertahankan posisi bokong yang terangkat. 

3. Side Lunges

Olaharga mengecilkan paha lainnya adalah dengan melakukan gerakan side lunges. 

Gerakan ini dilakukan dengan memposisikan tubuh berdiri tegak di atas matras dan melebarkan kedua kaki selebar bahu, lalu lakukan gerakan lunge ke arah kanan dengan kaki kanan menekuk dan kaki kiri lurus. 

Secara perlahan, kembali ke posisi semula dan ulangi pada kaki kiri dan sebaliknya. 

Itulah beberapa olahraga mengecilkan perut yang bisa kamu lakukan. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
JOIN US
JOIN US