The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dear Moms, Kenali Ciri-ciri Flek Tanda Kehamilan Ini
Ilustrasi kehamilan/Unsplash
Health

Dear Moms, Kenali Ciri-ciri Flek Tanda Kehamilan Ini

Senin, 18 November 2019 16:01 WIB 18 November 2019, 16:01 WIB

INDOZONE.ID - Kehadiran si buah hati tentu sangat dinanti bagi banyak pasangan. Namun, tidak semua wanita tahu dan langsung sadar dengan kehamilannya. Padahal, tanda awal kehamilan bisa dilihat dari perubahan pada diri kamu, para calon ibu.

Salah satu tandanya adalah muncul flek darah pada vagina yang mirip seperti darah menstruasi. Ini juga yang sering membuat beberapa wanita bingung karena keduanya sulit dibedakan.

Menurut survei American Pregnancy Association (APA), ada tanda-tanda awal kehamilan yang sering terjadi. Hasilnya, 29 persen responden menjawab 'terlambat menstruasi', 25 persen 'mual dan pusing', dan 17 persen 'perubahan pada payudara'. Sementara itu, hanya 3 persen wanita yang menjawab 'mengalami flek'.

"Sebagian besar wanita berpikir mereka mengalami flek datang bulan. Padahal sebenarnya, itu adalah pendarahan implamantasi. Banyak yang tidak menyadari sampai mereka menjalani tes kehamilan", tulis Linda Burkle-Galloway dalam bukunya 'The Smart Mother's Guide to a Better Pregnancy'.

Flek darah saat hamil ini biasa terjadi dalam waktu satu hingga dua hari, dan tidak mengandung gumpalan darah seperti ketika menstruasi. Untuk ciri-ciri flek tanda kehamilan ini pun bervariasi.

Bedanya Flek Tanda Kehamilan dan Menstruasi

contoh flek tanda kehamilan
Ilustrasi kehamilan/BabyCenter

Flek hamil mirip dengan bercak darah ketika haid. Namun, itu bisa dibedakan dengan beberapa ciri berikut ini.

Warna: bercak darah yang menandakan hamil biasanya berwarna merah muda atau cenderung cokelat. Sedangkan, darah menstruasi berwarna merah darah terang.

Durasi: flek darah tanda hamil datang lebih awal daripada jadwal menstruasi. Itupun hanya berupa bercak dan muncul selama 1-2 hari saja. Sementara, darah haid mengalir terus tanpa henti selama 5-10 hari.

Gumpalan: darah tanda kehamilan lebih sedikit dan hanya berupa tetesan. Sebaliknya, darah menstruasi akan semakin deras, kental, dan terdapat gumpalan.

Yang penting diketahui juga, tidak semua wanita hamil mengalami flek di awal kehamilan. Flek ini pun tidak ada kaitannya dengan perkembangan janin. Jadi, jangan khawatir ya!

Tanda Kehamilan Lainnya

contoh flek tanda kehamilan
Ilustrasi tanda kehamilan/FirstCry Parenting

Selain flek darah, ada beberapa gejala lain yang membuktikan bahwa kamu sedang mengandung. Mulai dari suhu basal tubuh meningkat drastis, nyeri di bagian payudara, dan terlambat haid.

Suhu basal tubuh (basal body temperature) adalah suhu tubuh terendah seseorang ketika istirahat/tidur, atau tidak sedang melakukan aktivitas apa pun.

Kemudian, wanita kerap mual, pusing, perut kram, tidak mau makan, indera perasa menjadi hambar ketika makan. Kondisi ini dinamakan heartburn. Untuk itu, wanita disarankan untuk menghindari minuman bersoda, buah jeruk, dan makanan pedas.

Beberapa wanita juga merasa sering ingin buang air kecil. Ini disebabkan oleh tekanan di bagian kandung kemih karena rahim membesar.

Tanda-tanda lainnya juga bisa dilihat dari perubahan mood. Kadang, wanita bisa merasa sangat emosional, tiba-tiba sedih, dan mudah tersinggung atau sensitif. Ini dapat menurunkan gairah seksual (libido) ketika berhubungan intim.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
Rizka

Rizka

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US