The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Dampak Buruk Akibat Kecanduan Gadget, Harus Diwaspadai
Ilustrasi kecanduan bermain gadget (Pexels/Andrea Piacquadio)
Health

5 Dampak Buruk Akibat Kecanduan Gadget, Harus Diwaspadai

Rabu, 01 April 2020 21:53 WIB 01 April 2020, 21:53 WIB

INDOZONE.ID - Di zaman sekarang dengan segala sesuatu serba teknologi, banyak sekali kita temui anak-anak muda yang kecanduan gadget, termasuk smartphone.

Padahal, terlalu sering main gadget ada dampak buruk yang dapat ditimbulkan, mulai dari masalah kesehatan maupun kerusakan pada kulit.

Namun sayangnya, meski sudah tahu dampak buruk kecanduan gadget, hal ini lantas tidak begitu memengaruhi pola pikir anak muda untuk meminimalisir penggunaan gadget.

Ada saja alasan yang membuat anak muda harus selalu stand by menatap layar gadget selama berjam-jam, sementara dampak buruk terus mengintai.

Dampak Buruk Akibat Kecanduan Gadget

Sebelum masalah kesehatan karena kecanduan gadget terjadi pada dirimu, ada baiknya mulai sekarang mengurangi kadar penggunaan gadget.

Berikut beberapa dampak buruk akibat kecanduan gadget yang harus kamu waspadai, dirangkum Indozone dari berbagai sumber:

1. Peradangan Kulit (Dermatitis)

dampak buruk kesehatan kecanduan gadget
Ilustrasi seseorang kecanduan gadget (Pixabay)

#KAMUHARUSTAU bahwa terlalu sering bermain gadget dapat menjadi penyebab terjadinya peradangan kulit atau dalam istilah medis disebut dermatitis.

Sebuah penelitian menyebutkan, jika memegang gadget terlalu dekat dengan kulit menyebabkan pembengkakan, gatal, kemerahan atau melepuh di sekitar tulang pipi, telinga, rahang, dan tangan.

Hal itu dikarenakan bahan logam seperti nikel dan kromium yang berbahaya bagi kulit lebih dominan pada gadget.

2. Pigmentasi Kulit dan Jerawat

kecanduan gadget menimbulkan jerawat
Ilustrasi kecanduan bermain gadget (Pexels/Andrea Piacquadio)

Seperti diketahui, perangkat gadget biasanya cenderung jadi hangat hingga panas setelah digunakan dalam waktu lama.

Ketika gadget sudah sampai panas, maka akan cenderung mengganggu produksi kadar melanin normal pada kulit.

Jika dibiarkan tanpa ada usaha menyeimbangkan penggunaan gadget, tentu ini akan menyebabkan bintik-bintik gelap dan perubahan warna kulit yang tidak merata dalam jangka panjang.

Selain itu, karena gadget tidak bebas dari kuman, maka kemungkinan besar kuman tersebut akan berpindah ke wajah dan memunculkan jerawat.

3. Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

masalah kesehatan akibat kecanduan gadget mata panda
Ilustrasi lingkaran hitam di sekitar mata (pinkvilla.com)

Satu kebiasaan banyak orang menjelang tidur malam adalah bermain gadget untuk mengecek semua notifikasi terbaru di media sosial.

Nah, kebiasaan ini sangat berpengaruh pada kesehatan. Pasalnya, saat mata melihat layar yang terang dari gadget di ruangan gelap terlalu lama, otak akan terus bekerja.

Inilah yang kemudian menyebabkan seseorang kesulitan tidur di malam hari. Akibatnya, muncul lingkaran hitam di sekitar mata.

Karena itu, sebaiknya kamu jauhkan gadget dan upayakan tidak menyentuhnya lagi setelah makan malam.

Alih-alih mengecek media sosial di gadget, akan jauh bermanfaat jika kamu meluangkan waktu satu jam untuk bersantai sebelum terlelap.

4. Kulit Kusam

kulit kusam dampak buruk kecanduan gadget
Ilustrasi kulit wajah kusam (Pexels/Jenna Hamra)

Tahukah kamu, paparan cahaya biru dari gadget sebelum tidur berdampak buruk bagi kesehatan.

Sebab, LED biru yang dipancarkan gadget tidak hanya melepaskan radiasi non-ion, tetapi juga mengganggu siklus tidur alami tubuh.

Selain masalah kesehatan, kurang tidur akibat bermain gadget di malam hari bisa menyebabkan ketidakseimbangan jumlah cairan dalam tubuh.

Apabila tubuh kekurangan cairan, kondisi ini mengakibatkan kulit kusam serta kerutan yang lebih terlihat di wajah.

Solusinya, tidurlah yang cukup dan kalau bisa dapatkan tidur berkualitas karena penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit.

5. Penuaan Dini

dampak buruk kecanduan smartphone kesehatan penuaan dini
Ilustrasi penuaan dini (Pexels/Charry Jin)

Saat ini, usia bukanlah satu-satunya faktor yang berkontribusi memunculkan kerutan. Bahkan, orang berusia 20-an pun sudah mulai mengeluhkan kondisi ini di sekitar mata.

Menurut sejumlah pakar kesehatan, terus-menerus menatap layar gadget dan memicingkan mata untuk membaca huruf kecil dapat menyebabkan kerutan.

Para ahli menyarankan agar memegang gadget setinggi mata dan menambah ukuran font untuk menghindari masalah kulit ini.

Selain itu, gunakan pula krim mata dengan zat pendingin untuk membantu mata rileks, serta krim pengencang kulit untuk meningkatkan elastisitas dan produksi kolagen kulit.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU